Thursday, June 20, 2024

Pengertian Promosi

 


Promosi merupakan suatu upaya atau usaha dalam menginformasikan
atau kegiatan menawarkan produk serta jasa yang bertujuan untuk menarik
calon konsumen agar membeli atau mengkonsumsinya yang sesuai dengan
harapan agar dapat meningkatkan volume penjualan (Kotler dan Keller,
2012;519).
Menurut Kotler dan Armstrong (2012:76), “Promosi artinya aktivitas
yang mengkomunikasikan manfaat produk dan membujuk pelanggan sasaran
untuk membelinya”.
Pengertian promosi menurut Buchari Alma (2011:179), “Promosi adalah
sejenis komunikasi yang memberikan penjelasan yang meyakinkan calon
konsumen tentang barang dan jasa. Tujuan promosi ialah memperoleh
perhatian, mendidik, mengingatkan, dan meyakinkan calon konsumen”.
Tjiptono (2015: 387) menyatakan bahwa “Promosi merupakan elemen
bauran pemasaran yang berfokus pada upaya menginformasikan, membujuk,
dan mengingatkan kembali konsumen akan merek dan produk perusahaan”.

No comments:

Post a Comment