Bauran promosi atau bauran komunikasi pemasaran yang disebut juga
sebagai communications mix ialah perpaduan dari beberapa macam kegiatan
promosi yang biasa digunakan oleh perusahaan dengan tujuan untuk
mengkomunikasikan nilai produk serta membangun komunikasi dengan
konsumen (Kotler dan Armstrong, 2012:432).
Menurut Buchory dan Djsalim (2010:213) menyatakan bahwa bauran
promosi adalah “ Salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat
penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk untuk
mencapai tujuan program penjualan”.
Bauran promosi atau bauran komunikasi pemasaran menurut Kotler dan
Keller (2012:202) terdiri dari 5 macam kegiatan promosi yang melibatkan
proses komunikasi, yaitu:
- Periklanan (Advertising)
Menurut Kotler dan Keller (2012:204), Iklan ialah bentuk kegiatan promosi
yang berupa presentasi non personal yang dibayar oleh sponsor dan berupa
kegiatan promosi yang membutuhkan gagasan, barang, atau jasa oleh
sponsor yang jelas dan sudah ditentukan. Kegiatan periklanan dianggap
sebagai upaya untuk penciptaan citra produk pada konsumen dan
memelihara makna tersendiri pada konsumen. Bentuk promosi periklanan
yang digunakan bisa berupa broadcast, print, internet, penggunaan jasa
endorser, outdoor, dan bentuk lainnya. - Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Menurut Kotler dan Keller (2012:204), Sales Promotion ialah bentuk dari
berbagai jenis insentif – insentif jangka pendek untuk mendorong calon
konsumen agar mencoba atau membeli produk atau jasa. Bentuk promosi
penjualan yang digunakan bisa berupa discounts, coupons, displays,
giveaway, contests, events, dan bentuk lainnya. - Penjualan Perseorangan (Personal Selling)
Menurut Kotler dan keller (2012:204), Personal Selling ialah bentuk dari
kegiatan berupa interaksi tatap muka dengan calon konsumen secara
langsung dengan maksud untuk melakukan presentasi personal, komunikasi
untuk membangun hubungan dengan calon konsumen dengan menjawab
pertanyaan, dan dengan tujuan memperoleh pesanan dari konsumen. Bentuk
promosi penjualan perseorangan yang digunakan bisa berupa presentasi,
trade shows, incentive programs, dan bentuk lainnya. - Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
Menurut Kotler dan Keller (2012:204), Direct Marketing ialah hubungan
langsung dengan mengenai sasaran langsung konsumen melalui penggunaan
surat, telepon, faksimili, email, atau internet serta meminta tanggapan atau
berdialog dengan konsumen untuk membina hubungan. - Hubungan Masyarakat (Public Relation)
Menurut Kotler dan Keller (2012:204), Public Relations ialah kegiatan untuk
membangun hubungan baik melalui berbagai program yang dirancang untuk
mempromosikan atau melindungi citra perusahaan guna memperoleh citra
yang menguntungkan atau untuk masing-masing produknya, serta digunakan
untuk membenahi dan membenarkan jika ada rumor atau berita yang
merugikan pihak perusahaan.
No comments:
Post a Comment