Thursday, June 20, 2024

Bauran Promosi

 


Bauran promosi atau bauran komunikasi pemasaran yang disebut juga
sebagai communications mix ialah perpaduan dari beberapa macam kegiatan
promosi yang biasa digunakan oleh perusahaan dengan tujuan untuk
mengkomunikasikan nilai produk serta membangun komunikasi dengan
konsumen (Kotler dan Armstrong, 2012:432).
Menurut Buchory dan Djsalim (2010:213) menyatakan bahwa bauran
promosi adalah “ Salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat
penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk untuk
mencapai tujuan program penjualan”.
Bauran promosi atau bauran komunikasi pemasaran menurut Kotler dan
Keller (2012:202) terdiri dari 5 macam kegiatan promosi yang melibatkan
proses komunikasi, yaitu:

  1. Periklanan (Advertising)
    Menurut Kotler dan Keller (2012:204), Iklan ialah bentuk kegiatan promosi
    yang berupa presentasi non personal yang dibayar oleh sponsor dan berupa
    kegiatan promosi yang membutuhkan gagasan, barang, atau jasa oleh
    sponsor yang jelas dan sudah ditentukan. Kegiatan periklanan dianggap
    sebagai upaya untuk penciptaan citra produk pada konsumen dan
    memelihara makna tersendiri pada konsumen. Bentuk promosi periklanan
    yang digunakan bisa berupa broadcast, print, internet, penggunaan jasa
    endorser, outdoor, dan bentuk lainnya.
  2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
    Menurut Kotler dan Keller (2012:204), Sales Promotion ialah bentuk dari
    berbagai jenis insentif – insentif jangka pendek untuk mendorong calon
    konsumen agar mencoba atau membeli produk atau jasa. Bentuk promosi
    penjualan yang digunakan bisa berupa discounts, coupons, displays,
    giveaway, contests, events, dan bentuk lainnya.
  3. Penjualan Perseorangan (Personal Selling)
    Menurut Kotler dan keller (2012:204), Personal Selling ialah bentuk dari
    kegiatan berupa interaksi tatap muka dengan calon konsumen secara
    langsung dengan maksud untuk melakukan presentasi personal, komunikasi
    untuk membangun hubungan dengan calon konsumen dengan menjawab
    pertanyaan, dan dengan tujuan memperoleh pesanan dari konsumen. Bentuk
    promosi penjualan perseorangan yang digunakan bisa berupa presentasi,
    trade shows, incentive programs, dan bentuk lainnya.
  4. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
    Menurut Kotler dan Keller (2012:204), Direct Marketing ialah hubungan
    langsung dengan mengenai sasaran langsung konsumen melalui penggunaan
    surat, telepon, faksimili, email, atau internet serta meminta tanggapan atau
    berdialog dengan konsumen untuk membina hubungan.
  5. Hubungan Masyarakat (Public Relation)
    Menurut Kotler dan Keller (2012:204), Public Relations ialah kegiatan untuk
    membangun hubungan baik melalui berbagai program yang dirancang untuk
    mempromosikan atau melindungi citra perusahaan guna memperoleh citra
    yang menguntungkan atau untuk masing-masing produknya, serta digunakan
    untuk membenahi dan membenarkan jika ada rumor atau berita yang
    merugikan pihak perusahaan.

No comments:

Post a Comment