Sunday, June 23, 2024

Bauran Promosi

 


Kotler dan Armstrong (2017:424) mengatakan bahwa bauran
promosi (promotion mix) disebut juga sebagai bauran komunikasi
pemasaran yang merupakan perpaduan dari iklan, public relation,
personal selling, promosi penjualan, dan pemasaran langsung yang
digunakan perusahaan untuk mendorong konsumen, mengajak
mengkomunikasikan nilai untuk konsumen dan membangun relasi
antar konsumen. Menurut Kotler dan Armstrong (2017:425) terdapat
lima alat promosi yaitu :
1) Periklanan : bentuk presentasi non-personal dan promosi mengenai
ide, produk, dan jasa yang dilakukan oleh sponsor.
2) Promosi penjualan : sebuah insentif jangka pendek yang digunakan
untuk meningkatkan pembelian atau penjualan barang atau jasa.
3) Penjualan personal (personal selling) : interaksi konsumen yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mendorong konsumen, mengadakan
penjualan, dan membangun hubungan dengan konsumen.
4)Hubungan Masyarakat (public relations) : membangun hubungan
yang baik dengan perusahaan publik dengan cara membangun image
perusahaan serta menghindari terjadinya peristiwa atau rumor yang
merugikan.
5) Pemasaran digital dan langsung (direct and digital promosi
penjualan) : menarik langsung Sasaran konsumen individu dan
komunitas konsumen untuk merespon dan membangun relasi antar
konsumen

No comments:

Post a Comment