Sunday, June 23, 2024

Faktor-faktor Promosi Penjualan

 


Promosi juga dipengaruhi beberapa faktor. Faktor-faktor
tersebut merupakan bahan pertimbangan perusahaan dalam
menentukan posisi yang mana akan digunakan terhadap produk yang
akan mereka luncurkan ke pasaran. Berikut ini adalah faktor-faktor
yang menentukan promosi penjualan :
1) Dana yang digunakan untuk promosi
Jumlah dana yang tersedia merupakan faktor yang mempengaruhi
promosi. Perusahaan yang memiliki dana lebih besar, kegiatannya
akan lebih efektif dibandingkan dengan perusahaan yang hanya
membayar sumber dana yang lebih terbatas. Dari beberapa variabel
dalam bauran promosi yang ada, pada umumnya personal selling
merupakan kegiatan yang memerlukan dana yang paling besar dalam
kegiatannya dibandingkan dengan yang lain. Oleh karena itu, baik
perusahaan yang kurang kuat keadaan kondisi keuangannya akan lebih
baik mengadakan periklanan.
2) Sifat Pasar
Beberapa macam sifat pasar yang mempengaruhi bauran pemasaran
adalah luas pasar secara geografis, konsentrasi pasar dan macam-
macam pembeli.
a) Luas pasar secara geografis, perusahaan yang hanya mempunyai
pasar local sering mengadakan kegiatan promosi yang berbeda dengan
perusahaan yang tidak memiliki pasar local yang mungkin sudah
cukup menggunakan personal selling saja, tetapi bagi perusahaan yang
mempunyai pasar nasional paling tidak baru mengadakan periklanan.
b) Konsentrasi pasar ini dapat mempengaruhi strategi promosi yang
dilakukan oleh perusahaan terhadap jumlah calon pembel, jumlah
pembeli potensional yang macamnya berbeda-beda dan konsentrasi
secara nasional perusahaan yang hanya memuaskan penjualannya pada
satu kelompok pembeli saja, maka penggunaan alat promosinya akan
berbeda dengan perusahaan yang menjual pada semua kelompok
pembeli.
3) Jenis-jenis Produk
Strategi promosi yang akan dilakukan oleh perusahaan dipengaruhi
oleh jenis produknya, apakah barang konsumsi atau barang produksi.
Ada perbedaan dalam mempromosikan barang konsumsi atau barang
produksi. Ada. Jenis-jenis produk untuk mempromosikan barang
konsumsi terdiri dari bermacam-macam barang, seperti barang
konvenien, shopping atau barang special. Pada barang industry pun
juga demikian, cara mempromosikan intalasi akan berbeda dengan
operating sipplies.
4) Tahap-tahap Dalam Siklus Kehidupan Barang
Siklus kehidupan barang (product life cycle), dimulai dengan tahap
perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan, kejenuhan dan berakhir
dengan tahap penurunan. Strategi yang akan diambil untuk
mempromosikan barang

No comments:

Post a Comment