Sunday, June 23, 2024

Pengertian Promosi Penjualan

 


Menurut Kotler dan Armstrong (2017:496) promosi penjualan
adalah sebuah insentif jangka pendek yang berguna untuk
meningkatkan pembelian atau penjualan produk atau jasa. Lupiyoadi
(2013:180) mengatakan bahwa promosi penjualan adalah semua
kegiatan yang dimaksudkan untuk meningkatkan arus barang atau jasa
dari produsen sapai pada penjualan akhirnya. Titik promosi penjualan
terdiri atas brosur, lembar informasi, dan lain -lain. Dapat disimpulkan
bahwa promosi penjualan adalah sebuah alat promosi yang digunakan
untuk menciptakan serta meningkatkan terjadinya pembelian atau
penjualan produk atau jasa.
Menurut Kotler dan Keller (2016:623) promosi penjualan memiliki
beberapa tujuan yaitu :

  1. Mendorong konsumen untuk membeli produk dalam jumlah besar.
  2. Mengajak konsumen baru untuk mencoba suatu produk.
  3. Memelihara hubungan konsumen dalam jangka panjang.
  4. Mengajak konsumen untuk beralih merek dari merek pesaing ke merek
    lainya.
  5. Meningkatkan jumlah pasar dalam waktu jangka panjang.

No comments:

Post a Comment