Kotler dan Keller (2016) menyatakan bahwa merek adalah suatu
nama, istilah, tanda, lambang, desain atau kombinasi dari semuanya,
yang diharapkan mengidentifikasikan barang atau jasa dari
sekelompok penjual dan diharapkan akan membedakan barang atau
jasa tersebut dari produk-produk pesaing. Menurut Kotler dan Keller
(2016), ekuitas merek adalah nilai tambah yang diberikan pada produk
dan jasa. Louth (2016), ekuitas yang tinggi menjadi idaman setiap
merek karena berarti bahwa merek-merek tersebut memiliki kedekatan
dengan pasar dan pelanggan. Semakin kuat ekuitas merek suatu
produk, maka akan semakin kuat pula daya tariknya bagi konsumen
untuk membeli produk dan pada akhirnya akan memberikan
keuntungan yang terus meningkat kepada perusahaan (Lee dan Leh,
2011). Ekuitas merek juga menciptakan nilai bagi perusahaan yaitu
dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari program pemasaran,
adanya kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek dapat
menguatkan loyalitas merek dengan meningkatkan kepuasan
konsumen dan merupakan alasan untuk membeli produk (Louth,
2016).
Menurut Aaker et al. (2004), ekuitas merek dapat dikelompokkan
ke dalam beberapa kategori:
a) Kesadaran Merek (Brand awareness)
Menunjukkan kesanggupan seorang calon pembeli untuk
mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan
bagian dari kategori produk tertentu.
b) Asosiasi Merek (Brand association)
Mencerminkan pencitraan suatu merek terhadap kesan tertentu
dalam kaitannya dengan kebiasaan, gaya hidup, manfaat, atribut
produk, geografis, harga, pesaing, selebritis , dan lain-lain. Asosiasi
merek adalah segala hal yang berkaitan dengan ingatan mengenai
merek.
c) Persepsi Kualitas (Perceived Quality)
Mencerminkan persepsi pelanggan terhadap keseluruhan
kualitas atau keunggulan suatu produk atau jasa layanan berkenaan
dengan maksud yang diharapkan.
d) Loyalitas Merek (Brand Loyalty)
Mencerminkan tingkat keterikatan konsumen dengan suatu
merek produk. Loyalitas merek adalah ukuran kesetiaan konsumen
terhadap suatu merek.
No comments:
Post a Comment