Wednesday, June 26, 2024

Brand Mantra

 


Keller dan Swaminathan (2019) menyatakan bahwa brand positioning
berfungsi untuk menempatkan merek dan menggambarkan bagaiman
merek mampu bersaing dengan kompetitor lainnya yang memiliki
kesamaan dalam pasar. Sewaktu-waktu, merek dapat berkembang
menjangkau berbagai kategori berbeda untuk segmentasi pasar yang
berbeda. Untuk membedakan merek dengan pesaing lainnya, maka brand
mantra digunakan untuk mencerminkan hati dan jiwa merek. Brand
mantra adalah kata-kata pendek yang mencerminkan citra dan nilai dari
merek yang diposisikan dalam pasar. Brand mantra digunakan untuk
menjaga citra dari merek secara konsisten. Tak hanya bagi konsumen,
brand mantra juga penting untuk diperhatikan oleh perusahaan yang
memiliki merek itu sendiri, sehingga seluruh tindakan apapun dalam
perusahaan tetap mencerminkan citra dari merek tersebut.
Brand mantra terdiri dari terdiri dari brand function, descriptive
modifier, dan emotional modifier. Brand function mencerminkan ciri khas
melalui keuntungan, layanan, dan pengalaman yang ditawarkan oleh
merek kepada konsumen. Descriptive modifier menjelaskan mengenai
karakteristik merek dan membedakan merek dengan pesaingnya secara
mendalam. Emotional modifier mencerminkan nilai tambah atau nilai
emosional merek, dan bagaimana merek dapat menawarkan produk atau
jasa yang dimilikinya (Keller & Swaminathan, 2019).

No comments:

Post a Comment