Thursday, June 20, 2024

Celebrity endorsement

 


Pada masa transisi menuju revolusi industri 4.0 secara keseluruhan,
masyarakat digital khususnya yang berperan aktif dalam dunia E-commerce
berlomba-lomba untuk memperoleh strategi yang paling sesuai dalam
memasarkan produknya. Di sisi lain, terdapat pula pihak developer yang
mengembangkan teknologi baru sebagai inovasi promotion tools. Pada dasarnya,
promotion tools mencakup pengiklanan, promosi penjualan, public relations, dan
pemasaran secara langsung. Menurut, pemasaran langsung atau direct marketing
dapat didefinisikan sebagai bentuk dari kampanye pengiklanan yang bertujuan
untuk mencapai tindakan tertentu dari sekelompok konsumen, contohnya
melakukan pembelian, kunjungan website atau toko, dan permintaan mengenai
informasi, sebagai bentuk respon dari aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh
pemasar. (Berta, 2020)
Salah satu strategi pemasaran langsung yang saat ini populer dilakukan
oleh online business owner melalui media sosial khususnya Instagram adalah
dengan cara endorsement. Menurut BFI Finance, endorsement merupakan bentuk
dari promosi pengiklanan yang menggunakan tokoh maupun selebriti yang dinilai
memiliki kepercayaan, dihargai dan diakui oleh masyarakat (Finance, 2022). Hal
ini dinilai mampu lebih menyasar target daripada mengeluarkan lebih banyak
biaya pengiklanan digital. Endorsement yang biasanya dilakukan oleh influencer
maupun selebriti merupakan strategi yang mempengaruhi keputusan pembelian.
Selebriti mempromosikan jasa dan produk dengan cara meningkatkan kesadaran
merek dan kredibilitas produk yang ditawarkan

No comments:

Post a Comment