Thursday, June 20, 2024

Minat Beli

 


Minat beli suatu produk akan menular kepada orang lain dengan adanya
rekomendasi untuk ikut menggunakan suatu produk (Bearden & Netemeyer, 2016).
Semakin banyak orang yang melakukan rekomendasi, maka suatu produk akan
semakin banyak diminati oleh masyarakat. Rekomendasi kepada orang lain bisa
dilakukan dengan berbagai cara, contoh yang paling populer adalah rekomendasi dari
mulut ke mulut. Seseorang dapat memberikan rekomendasi berdasarkan pengalaman
yang mereka rasakan pada saat menggunakan produk tertentu. Bagi produsen, aksi
rekomendasi akan meningkatkan minat beli produk yang akan meningkatkan
penjualan. Manfaat adanya rekomendasi bagi konsumen adalah sebagai gambaran
fungsi suatu produk dari seseorang yang sudah menggunakan produk tersebut. Hal ini
dapat lebih dipercaya oleh calon konsumen dibandingkan dengan promosi yang
dilakukan oleh perusahaan. Dengan demikian, kecenderungan seseorang untuk
memberikan rekomendasi suatu produk merupakan hal yang penting. Minat merupakan
dorongan yang mempunyai pengaruh terhadap motivasi dan perilaku seseorang untuk
melakukan sesuatu. Minat beli merupakan bagian dari perilaku yang berhubungan
dengan perencanaan konsumen mengenai suatu produk yang akan dibeli. Minat beli
diperoleh dari suatu proses pemikiran yang membentuk suatu presepsi,. Minat beli
menciptakan suatu motivasi yang terus terekam dalam benaknya dan menjadi suatu
keinginan yang sangat kuat. Minat beli adalah respon dari konsumen terhadap objek
barang atau jasa, sehingga menimbulkan keinginan untuk melakukan transaksi
pembelian (Kotler, 2013)

No comments:

Post a Comment