Tuesday, June 18, 2024

Celebrity Endorser (Selebgram)

 


Pendukung selebriti biasanya digunakan untuk menarik perhatian publik
dan sangat penting dalam membantu publik mengingat dan mengidentifikasi
produk. Ketika menggunakan selebriti populer untuk meningkatkan iklan produk,
pemasar harus siap untuk membayar biaya yang signifikan kepada selebriti yang
disukai ini. Selebriti endorser dipilih karena, menurut pendapat mereka, mereka
memiliki kepercayaan, kepribadian, cara hidup, demografi, dan aspek lain dari
kehidupan sehari-hari yang sama dengan masyarakat, sehingga membuat mereka
lebih mudah dipahami oleh pelanggan.
Selebriti adalah seseorang (bintang film, penghibur, atlet, ataupun orang
biasa) dengan profil yang terkenal, daya tarik publik, dan pengaruh media sehari-
hari. Selebriti sering dipakai sebab kualitas mereka-kecantikan, keberanian, bakat,
keanggunan, kekuatan, serta daya tarik-yang sering disamakan dengan daya tarik
yang akan dipromosikan oleh bisnis. Celebrity Endorser, menurut Kotler (2009),
adalah orang yang digunakan dalam iklan untuk memperkuat persepsi merek di
antara konsumen berdasarkan daya tarik atau popularitas mereka. Terence A.
Shimp (2003) mendefinisikan endorser sebagai orang yang mempromosikan iklan
komersial sebagai bintang iklan atau penggemar.
Shimp mengkategorikan endorser ke dalam dua kelompok: orang biasa yang
tidak terkenal karena dukungan produknya, yang dikenal sebagai typical-person
endorser, dan tokoh masyarakat yang terkenal karena dukungannya, yang dikenal
sebagai celebrity endorser, yang dapat mempengaruhi opini konsumen dan
mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Contoh tokoh-tokoh terkenal yang
dianggap sebagai Celebrity Endorser yang mempunyai kemampuan untuk
mempengaruhi keputusan konsumen yaitu Rachel Vennya, Tasya Farasya, Nabila
Zirus, dan Aghnia Punjabi. Mereka mengiklankan berbagai macam barang,
termasuk tas, makanan, kosmetik, pakaian, dan jilbab. Menurut Shimp (2003),
Celebrity Endorser adalah individu, seperti atlet, aktris, atau artis, yang telah
mendapatkan pengakuan publik atas pencapaian mereka dalam profesi tertentu dan
digunakan untuk mempromosikan produk yang bertujuan untuk menarik perhatian
dan mempengaruhi calon konsumen. Sementara itu, istilah "selebgram," atau
Celebrity Endorser di Instagram, mengacu pada mereka yang dianggap cukup
handal untuk mempromosikan barang-barang yang dijual secara online melalui
profil Instagram. Selebgram dipilih untuk jenis promosi ini sebagian karena jumlah
pengikut mereka yang besar. Oleh karena itu, diyakini bahwa para penggemar
selebriti endorser akan tertarik, mengunjungi situs web penjualan produk,
mengikutinya, akhirnya menjadi pelanggan, dan mendorong orang lain untuk
membeli barang-barang tersebut secara online.

No comments:

Post a Comment