Thursday, June 20, 2024

Celebrity Endorser

 


Celebrity endorser adalah tokoh atau publik figur yang secara luas digunakan pada
berbagai media untuk mendukung dan mempromosikan suatu produk (Pracista dan
Rahanatha, 2014). Selebriti adalah para bintang televisi, aktor, film, para atlet terkenal,
dan pribadi-pribadi yang telah meninggal dunia dapat digunakan secara luas di dalam
iklan-iklan di majalah, iklan radio, dan iklan televisi untuk mendukung produk.
Perusahaan bersedia membayar harga kepada selebriti yang disukai atau dihormati oleh
masyarakat luas dalam (Subastian et al. 2021). Celebrity Endorser adalah sebagai
setiap individu yang menikmati pengakuan publik dan yang menggunakan pengakuan
ini atas nama barang-barang konsumsi dengan tampil bersamanya dalam suatu iklan.
Berdasarkan beberapa definisi diatas maka dapat disimpulkan bahwa Celebrity
Endorser adalah suatu iklan sebagai penyampai pesan mengenai produk terutama
merek untuk lebih mengkomunikasikan produk tesebut kepada konsumen dalam
(Kurniawan 2014). Penggunaan celebrity merupakan suatu pertimbangan yang tidak
mudah bagi produsen, karena celebrity itu sendiri akan mewakili produk yang akan
dipasarkan. Celebrity endorser sebagai sumber iklan atau informasi tentang merek dan
atribut produk yang menyenangkan, meyakinkan dan menarik perhatian masyarakat
umum (Royan, 2005:7). Memanfaatkan celebrity sebagai endorser memang lebih
mudah dalam mempengaruhi psikologi konsumsi konsumen hal tersebut
menciptakan persepsi positif terhadap produk yang dipromosikannya dan
meningkatkan niat beli. Menurut Wijaya & Sugiharto (2015), celebrity endorsement
memiliki pengertian sebagai individu yang telah mencapai tingkat ketenaran yang
membuatnya dikenal di masyarakat. Celebrity endorsement menurut Wenas et al.
(2014) adalah sebagai semua individu yang menikmati pengenalan publik dan
menggunakan pengenalan ini untuk kepentingan produk konsumen dengan tampil
bersama produk tersebut dalam suatu iklan. Keberhasilan sebuah iklan tidak terlepas
dari pesan bintang iklan dalam mempromosikan sebuah merek produk, terutama bila
iklan tersebut ditayangkan melalui media televise (Dhaefina et al., 2021).
Celebrity endorser merupakan pengenalan maupun pengesahan suatu
produk yang dapat menarik audiens atau konsumen Sebuah produk (product image)
biasanya dari kalangan tokoh calon konsumen yang memiliki karakter menonjol dan
daya tarik yang kuat (Siregar and Simajuntak 2020). Celebrity Endorserment adalah
seseorang yang membawa atau merepresentasikan suatu merek, produk, atau layanan
kepada komunitas. Oleh karena itu, biasanya Endorser nya adalah seseorang yang
dikenal oleh publik atau disebut juga selebritis. Celebrity endorser merupakan tokoh
atau publik figur yang dikenal atas prestasi dalam bidang tertentu, yang kemudian
menunjukkan dukungannya terhadap suatu produk tertentu dengan tujuan untuk
promosi (Dwivedi et al., 2015; Schouten et al., 2020). Pengunaan celebrity endorser
juga dapat mmemberikan dampak negatif terhadap niat beli, seperti selebriti sebagai
endorser terlibat kasus kriminal maka hal ini dapat berakibat buruk terhadap produk

No comments:

Post a Comment