Wednesday, June 26, 2024

Definisi Brand Equity

 


David Allen Aaker dalam Fandy Tjiptono (2008:9) Brand Equity
atau ekuitas merek merupakan seperangkat aset dan liabilitas merek
yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang
menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh suatu barang atau
jasa kepada perusahaan atau pelanggan perusahaan.
Agar aset dan liabilitas mendasari ekuitas merek, keduanya
mesti berhubungan dengan nama atau simbol sebuah merek, jika nama
dan simbol merek diubah, beberapa atau semua aset atau liabilitas bisa
dipengaruhi dan mengalami kerugian, kendati beberapa diantaranya
mungkin sudah dialihkan ke nama dan simbol baru. Aset dan liabilitas
yang menjadi dasar ekuitas merek akan berbeda antara satu konteks
dengan konteks lainnya. Walau begitu, keduanya bisa dikelompokkan
ke dalam empat kategori:

  1. Loyalitas Merek (Brand Loyalty)
  2. Kesadaran Merek ( Brand Awareness)
  3. Kesan Kualitas (Perceived Quality)
  4. Asosiasi Merek (Brand Association)

No comments:

Post a Comment