Wednesday, June 26, 2024

Tingkatan Arti Merek dan Kriteria Pemberian Merek

 


Kotler dan Amstrong dalam Priansa (2017:243) menyatakan
enam tingkatan arti sebuah merek berkenaan dengan atribut, manfaat,
nilai, budaya, kepribadian, dan pemakai, seperti dijelaskan sebagai
berikut:
a) Atribut (attributes): suatu merek mengingatkan atribut-atribut
tertentu. Atribut perlu dikelola agar konsumen mengerti dan
mengetahui dengan pasti atribut-atribut apa yang terdapat dalam
merek.
b) Manfaat (benefit): merek juga mempunyai manfaat karena pada
dasarnya konsumen tidak membeli atribut tetapi membeli manfaat.
Produsen harus dapat menerjemahkan atribut menjadi manfaat
fungsional maupun manfaat emosional.
c) Nilai (value): merek juga menyatakan sesuatu tentang nilai bagi
produsen, merek juga mempunyai nilai tinggi akan dihargai oleh
konsumen sebagai merek yang berkelas, sehingga dapat
mencerminkan siapa pengguna merek tersebut.
d) Budaya (culture): merek juga mencerminkan budaya tertentu apakah
itu budaya produsennya maupun budaya penggunanya.
e) Kepribadian (personality): merek mempunyai kepribadian yaitu
kepribadian bagi penggunanya. Dan diharapkan dengan memakai
tercermin bersamaan dengan merek yang ia akan gunakan.
f) Pemakai (user): merek juga menunjukkan jenis konsumen pemakai
merek yang membeli atau menggunakan produk tersebut

No comments:

Post a Comment