Thursday, June 20, 2024

Definisi Celebrity Endorser

 


Selebriti (celebrity) berasal dari Bahasa latin celebrem yang mempunyai arti
ketenaran atau sedang menjadi “tontonan atau sedang kerumunan”. Dalam Bahasa
Perancis yaitu Célèbre diartikan sebagai hal “terkenal di masyarakat” (Rojek, 2001
dalam Sutriono & Haryatmoko).
Menurut Astagini et, al. (2017) selebriti merupakan individu yang sering
muncul di media massa dan kehidupan pribadinya menjadi perhatian publik.
Sedangkan menurut Sternheimer (dalam Handoyo, 2019) selebriti dapat diartikan
sebagai seseorang yang dilihat, diperhatikan, dan dikenali secara detail oleh banyak
orang.
Menurut Aini (2020) endorser atau istilah lainnya spoken persons merupakan
seseorang yang mengkomunikasikan pesan-pesan yang ingin di sampaikan
mengenai sebuah produk atau jasa sedangkan menurut Sanditya (2019) Celebrity
endorser merupakan seorang tokoh terkenal yang meminjamkan namanya dan
memerankan dirinya sebagai konsumen perwakilan sebuah produk atau jasa suatu
perusahaan.
Menurut Rohman & Indaryadi (2020) celebrity endorser merupakan seseorang
yang memiliki pengaruh terhadap orang lain dan dikenal secara umum atas
keberhasilan dalam bidangnya masing-masing.
Menurut Suhardi & Irmayanti (2019) celebrity endorser merupakan
pendukung iklan atau lebih dikanal sebagai bintang iklan untuk mendukung suatu
produk. Sosok seorang figure dibutuhkan dalam sebuah iklah untuk dapat menarik
khalayak umum sebagai penyongkong dalam iklah agar informasi pada suatu
produk dapat tersampaikan dan mudah dipahami

No comments:

Post a Comment