Thursday, June 20, 2024

Faktor dalam Pemilihan Celebrity Endorser

 


Song dan Chaipoopiratana (dalam Suhardi & Irmayanti, 2019) mengemukakan
bahwa fator-faktor yang yang dapat digunakan dalam pemilihan celebrity endorser
adalah sebagai berikut :

  1. Risk
    Risk terdiri dari biaya yang digunakan dalam perolehan layanan dari aktor
    atau artis atau endorcement fee, citra risiko atau image change risk ,
    exclusive representation , overshadowing, dan efferentation.
  2. Physical Actrativiness
    Physical Actrativiness merupakan sifat individu yang dapat menumbuhkan
    ketertarikan terhadap dirinya.
  3. Credibility
    Credibility merupakan sebuah sifat individu yang dapat menumbuhkan
    `sebuah kepercayaan dari orang lain terhadap individu tersebut.
  4. Amiability
    Amiability merupakan kemampuan selebriti dalam bersikap dengan
    masyarakat sehingga selebriti tersebut dapat disukai oleh masyarakat.
  5. Celebrity Product Match
    Celebrity Product Match merupakan perilaku para selebriti harus dapat
    menumbuhkan kesan yang sesuai untuk produk yang mereka iklankan.
  6. Proffesion
    Proffesion orang akan menghormati profesi apapun seperti sebagai orang
    pekerja keras dan seseorang yang betanggung jawab.
  7. Celebrity Audience Match
    Celebrity Audience Match merupakan kecocokan atau kesesuaian serta
    kelayakan seorang aktor atau artisyang dapat memberikan kesan yang
    positif.

No comments:

Post a Comment