Song dan Chaipoopiratana (dalam Suhardi & Irmayanti, 2019) mengemukakan
bahwa fator-faktor yang yang dapat digunakan dalam pemilihan celebrity endorser
adalah sebagai berikut :
- Risk
Risk terdiri dari biaya yang digunakan dalam perolehan layanan dari aktor
atau artis atau endorcement fee, citra risiko atau image change risk ,
exclusive representation , overshadowing, dan efferentation. - Physical Actrativiness
Physical Actrativiness merupakan sifat individu yang dapat menumbuhkan
ketertarikan terhadap dirinya. - Credibility
Credibility merupakan sebuah sifat individu yang dapat menumbuhkan
`sebuah kepercayaan dari orang lain terhadap individu tersebut. - Amiability
Amiability merupakan kemampuan selebriti dalam bersikap dengan
masyarakat sehingga selebriti tersebut dapat disukai oleh masyarakat. - Celebrity Product Match
Celebrity Product Match merupakan perilaku para selebriti harus dapat
menumbuhkan kesan yang sesuai untuk produk yang mereka iklankan. - Proffesion
Proffesion orang akan menghormati profesi apapun seperti sebagai orang
pekerja keras dan seseorang yang betanggung jawab. - Celebrity Audience Match
Celebrity Audience Match merupakan kecocokan atau kesesuaian serta
kelayakan seorang aktor atau artisyang dapat memberikan kesan yang
positif.
No comments:
Post a Comment