Wednesday, June 26, 2024

Definisi Citra Merek (Brand Image)

 


Citra merek (brand image) adalah seperangkat asosiasi unik yang ingin
diciptakan atau dipelihara oleh pemasar (Aaker dalam dalam Yosef, 2017: 603).
citra merek (brand image) merupakan aspek yang sangat penting dari merek dan
dapat didasarkan kepada kenyataan atau fiksi tergantung bagaimana konsumen
mempersepsi. Citra tidak dicetak seperti mencetak barang di pabrik, tetapi citra ini
adalah kesan yang diperoleh sesuai dengan pengetahuan pemahaman seseorang
tentang sesuatu.
Shimp et al (dalam Yosef, 2017: 603) berpendapat bahwa citra merek
(brand image) dapat dianggap sebagai jenis asosiasi yang muncul dibenak
konsumen ketika mengingat sebuah merek tertentu. Citra terbentuk dari bagaimana
perusahaan melaksanakan kegiatan operasionalnya yang mempunyai landasan
utama pada segi layanan (Chamid dalam Ichsan, 2017: 4). Sedangkan Kotler dan
Keller (2016: 66) berpendapat bahwa Brand image adalah ingatan konsumen yang
menjadi dasar konsumen menunjukkan persepsi terhadap merek

No comments:

Post a Comment