Wednesday, June 26, 2024

Definisi Loyalitas Merek (Brand Loyalty)

 


Loyalitas merek (Brand loyalty) adalah suatu ukuran keterkaitan pelanggan
kepada sebuah merek. Ukuran ini mampu memberikan gambaran tentang mungkin
tidaknya seorang pelanggan beralih ke merek lain yang ditawarkan oleh pesaing,
terutama jika pada merek tersebut didapati adanya perubahan, baik menyangkut
kemasan, harga ataupun atribut lainnya (Aaker dalam Asri dan Rozy, 2018: 270).
Tjiptono menjelaskan bahwa brand loyalty yaitu ukuran menyangkut
seberapa kuat konsumen memiliki keterikatan dengan merek tertentu (Gima dan
Emmanuel, 2017: 2). Ukuran ini sekaligus merefleksikan permintaan relatif
konsumen terhadap sebuah brand. Brand Loyalty merupakan faktor yang sangat
penting bagi sebuah perusahaan, terutama perusahaan muslim fashion karena jika
seseorang sudah loyal terhadap suatu merek, maka ia akan cenderung melakukan
pembelian terhadap apapun produk/ merek yang diproduksi oleh perusahaan
tersebut. Loyalitas merek adalah sikap positif seorang pelanggan terhadap suatu
merek, pelanggan memiliki keinginan kuat untuk membeli ulang merek yang sama
pada saat sekarang maupun masa mendatang.
Menurut Rangkuti brand loyalty adalah ukuran dari kesetiaan konsumen
terhadap suatu merek (Asri dan Rozy, 2018: 271). Ukuran tersebut memberikan
gambaran mengenai mungkin atau tidaknya seorang pelanggan berpindah ke suatu
merk produk yang lain, terutama jika merk tersebut didapati adanya perubahan, baik
menyangkut harga ataupun atribut lain. Oliver menyebutkan bahwa kesetiaan
merek (brand loyalty) merupakan janji untuk membeli kembali, dimana tidak akan
merubah kesetiaan terhadap suatu produk di bawah kondisi apapun (Yosef, 2017:
604)

No comments:

Post a Comment