Wednesday, June 26, 2024

Faktor Terbentuknya Citra Merek (Brand Image)

 


Citra merek (brand image) terdiri dari beberapa faktor yang membentuknya.
Diantaranya adalah sebagai berikut: (Kotler dan Keller, 2016: 81)

  1. Keunggulan produk merupakan salah satu faktor pembentuk brand image,
    dimana produk tersebut unggul dalam persaingan. Karena keunggulan
    kualitas (model dan kenyamanan) dan ciri khas itulah yang menyebabkan
    suatu produk mempunyai daya tarik tersendiri bagi konsumen. Favorability
    of brand association adalah asosiasi merek dimana konsumen percaya
    bahwa atribut dan manfaat yang diberikan oleh merek akan dapat memenuhi
    atau memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka sehingga mereka
    membentuk sikap positif terhadap merek;
  2. Kekuatan merek merupakan asosiasi merek tergantung pada bagaimana
    informasi masuk kedalam ingatan konsumen dan bagaimana proses
    bertahan sebagai bagian dari citra merek. Kekuatan asosiasi merek ini
    merupakan fungsi dari jumlah pengolahan informasi yang diterima pada
    proses ecoding. Ketika seorang konsumen secara aktif menguraikan arti
    informasi suatu produk atau jasa maka akan tercipta asosiasi yang semakin
    kuat pada ingatan konsumen. Pentingnya asosiasi merek pada ingatan
    konsumen tergantung pada bagaimana suatu merek tersebut
    dipertimbangkan;
  3. Keunikan merek adalah asosiasi terhadap suatu merek mau tidak mau harus
    terbagi dengan merek-merek lain. Oleh karena itu, harus diciptakan
    keunggulan bersaing yang dapat dijadikan alasan bagi konsumen untuk
    memilih suatu merek tertentu. Dengan memposisikan merek lebih
    mengarah kepada pengalaman atau keuntungan diri dari image produk
    tersebut. Dari perbedaan yang ada, baik dari produk, pelayanan, personil,
    dan saluran yang diharapkan memberikan perbedaan dari pesaingnya, yang
    dapat memberikan keuntungan bagi produsen dan konsumen

No comments:

Post a Comment