Wednesday, June 26, 2024

Pemasaran

 


Pemasaran bertujuan untuk mengetahui dan memahami pelanggan
sedemikian rupa sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan
selanjutnya dapat terjual. Idealnya, pemasaran menghasilkan pelanggan yang siap
untuk membeli produk atau jasa perusahaan (Kotler dan Keller, 2016: 6 – 7).
Daryanto mendefinisikan pemasaran sebagai suatu proses sosial dan manajerial
dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka
dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama
lain (Siahaan & Yuliati, 2016: 498). Pemasaran yang baik akan menimbulkan
keputusan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Namun, proses
pengambilan keputusan pembelian tidak terjadi begitu saja namun dipengaruhi oleh
perilaku konsumen dan sejauh mana produk yang ditawarkan dapat mempengaruhi
perilakunya untuk melakukan pembelian. Disamping itu, penelitian Danica dan
Rahma (2019:40) tentang konsep pemasaran pada skala bisnis UMKM dengan
pendekatan Entrepreneurial Marketing memiliki relevansi yang sesuai dalam
meningkatkan efektivitas usaha/bisnis dari semua lini, termasuk di Elzatta. Hal
demikian dikarenakan konsep ini memadupadankan proses entrepreneurship dan
pemasaran

No comments:

Post a Comment