Menurut Rossiter dan Percy dalam M. Fajarudin, dkk (2021) untuk
mengevaluasi brand ambassador yang potensial berdasarkan
persepsi audiens, dapat digunakan VisCap Model dengan empat
dimensi. Empat dimensi tersebut adalah sebagai berikut:
- Visibility (Popularitas)
Visibility memiliki dimensi seberapa jauh popularitas seorang
selebriti yang mewakili produk tersebut. Popularitas yang dimiliki
brand ambassador tentunya memberikan dampak pada popularitas
produk atau brand yang diwakilkan. Oleh karna itu brand
ambassador haruslah seseorang yang memiliki aspek visibility yang
memadai untuk dapat diperhatikan oleh audiens. Apabila
dihubungkan dalam popularitas, maka dapat ditentukan dengan
seberapa banyak penggemar yang dimiliki oleh seorang celebrity
brand ambassador (Popularity) dan bagaimana tingkat keseringan
tampilnya didepan khalayak (Appearances). - Credibility (Kredibilitas)
Kredibilitas seorang selebriti berhubungan dengan dua hal, yaitu
keahlian dan objektivitas. Keahlian ini akan bersangkutan dengan
pengetahuan, pengalaman, atau keterampilan, selebritis tentang
brand atau produk yang diwakilkan. Sedangkan objektivitas lebih
merujuk pada kemampuan selebritis untuk memberi keyakinan atau
kepercayaan pada konsumen suatu produk. Selebriti yang memiliki
kemampuan yang sudah dipercaya kredibilitasnya akan mewakili
brand yang diiklankan memiliki image yang baik dimata konsumen.
Produk yang diiklankan pun akan menjadi pas dengan persepsi yang
diinginkan audiens. - Attraction (Daya Tarik)
Penerimaan pesan tergantung pada daya tarik brand ambassador.
Brand ambassador akan berhasil merubah opini dan perilaku
konsumen melalui mekanisme daya tarik. Daya tarik brand
ambassador memiliki atribut sebagai berikut:
Physical Likability, adalah persepsi khalayak terkait dengan
penampilan fisik dari brand ambassador yang dianggap
menarik. Pada umumnya khalayak menyukai brand ambassador
yang memiliki kesempurnaan fikis seperti cantik, tampan,
berbadan ideal dan lain-lain.
Non-physical Likability, adalah persepsi khalayak terkait dengan
penampilan non-fisik atau kepribadian dari seorang brand
ambassador. Pada umumnya khalayak menyukai brand
ambassador yang terbuka, bersahabat, natural, penuh candaan
dan alami.
Similarity, adalah persepsi khalayak berkenaan dengan
kesamaan yang dimilikinya antara khalaya dengan sang brand
ambassador. Baik itu dari faktor usia, hobi, aktivitas yang
dijalani, maupun masalah yang dihadapi sebagaimana yang
ditampilkan pada pemasarannya. - Power (Kekuasaan)
Dimensi terakhir berkaitan dengan kemampuan atau kekuatan brand
ambassador untuk “memerintahkan” target audiens untuk
mengikuti apa yang dilakukan seperti menggunakan atau membeli
produk maupun brand yang diwakilkan. Power adalah sejauh mana
kemampuan selebriti untuk dapat membujuk para konsumen dan
mempertimbangkan produk yang sedang diiklankan untuk
dikonsumsi.
No comments:
Post a Comment