Tuesday, June 25, 2024

Pengertian Brand Ambassador

 


Menurut Gaynor Lea-GreenWood dalam Rico Bernado (2021),
brand ambassador merupakan aktivitas dimana brand atau produk
membuat kontrak dengan public figure guna merepresentasikan
brand atau produk mereka. Menurut Keller et al. (2021;266), ada
beberapa panduan untuk menentukan public figure yang akan
dijadikan brand ambassador agar pesan dapat tersampaikan dengan
baik dan sesuai target. Pertama, memilih public figure yang terkenal
dan memiliki image baik sehingga dapat releven dengan brand yang
diwakilinya. Kedua, harus adanya kesesuaian logic antara public
figure dengan brand untuk meminimalisir kebingungan. Ketiga,
penggunaan iklan dan program komunikasi dengan menggunakan
public figure harus dibuat semenarik mungkin agar memberikan
kesan yang sesuai dengan brand. Terakhir adalah riset pemasaran
harus membantu mengidentifikasikan kantidat dan fasilitas untuk
program marketing dengan melihat keefektifannya.
Menurut Rayon dalam Agi Rosadi (2021) penggunaan brand
ambassador dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi dan
menarik konsumen agar menggunakan produk mereka. Brand
Ambassador merupakan identitas, dimana mereka bertindak sebagai
alat pemasaran yang mewakili pencapaian individualisme suatu
produk. Brand ambassador harus menjadi alat pemasaran yang
mewakili produk suatu perusahaan yang biasanya berasal dari
kalangan artis atau orang populer untuk dapat terhubung ke
konsumen demi menargetkan pangsa pasar dan meningkatkan
penjualan. Penggunaan brand ambassador bertujuan untuk dapat
memperkenalkan suatu brand kepada masyarakat luas, perusahaan
akan membayar public figure sebagai brand ambassador karena
melihat bahwa mereka disukai dan dihormati oleh target audiences
dan dapat memengaruhi sikap dan perilaku pelanggan terhadap
brand yang diwakilkan Shimp (2020)
Menurut Royan dalam Sarah Amalia Muslim (2020) menjelaskan
alas an mengapa brand ambassador akan berpengaruh signifikan
terhadap brand image. Hal ini dikarena personality dari seorang
brand ambassador akan mempengaruhi personality dari sebuah
brand. Personality inilah akan mempengaruhi persepsi masyarakat
akan brand image dan dapat menarik konsumen untuk membeli.

No comments:

Post a Comment