Friday, June 28, 2024

Dimensi Ekuitas Merek

 


Menurut Aaker (2011:196), Ekuitas merek dibentuk dari lima
dimensi, yaitu: kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand
association), persepsi kualitas (perceived quality), loyalitas merek (brand
loyalti) dan Asset Perusahaan Lainnya (Other Proprietary Brand Asset)
Penjelasan masing-masing dimensi merek adalah sebagai berikut:

  1. Kesadaran merek (Brand awareness), menunjukkan kesanggupan
    seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali
    bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu.
  2. Asosiasi merek (Brand association), mencerminkan pencitraan suatu
    merek terhadap suatu kesan tertentu dalam kaitannya dengan
    kebiasaan, gaya hidup, manfaat, atribut produk, geografis, harga,
    pesaing, selebritis, dan lain-lain.
  3. Persepsi kualitas (Perceived quality), mencerminkan persepsi
    pelanggan terhadap keseluruhan kualitas/keunggulan suatu produk atau
    jasa layanan berkenaan dengan maksud yang diharapkan.
  4. Loyalitas merek (Brand loyalty), mencerminkan tingkat keterikatan
    konsumen dengan suatu merek produk.
  5. Asset Perusahaan Lainnya (Other Proprietary Brand Asset), Hal-hal
    lain yang tidak termasuk dalam katagori-katagori yang ada, akan tetapi
    ikut berperan serta dalam membangun ekuitas merek

No comments:

Post a Comment