Menurut Aaker (2011:196), Ekuitas merek dibentuk dari lima
dimensi, yaitu: kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand
association), persepsi kualitas (perceived quality), loyalitas merek (brand
loyalti) dan Asset Perusahaan Lainnya (Other Proprietary Brand Asset)
Penjelasan masing-masing dimensi merek adalah sebagai berikut:
- Kesadaran merek (Brand awareness), menunjukkan kesanggupan
seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali
bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu. - Asosiasi merek (Brand association), mencerminkan pencitraan suatu
merek terhadap suatu kesan tertentu dalam kaitannya dengan
kebiasaan, gaya hidup, manfaat, atribut produk, geografis, harga,
pesaing, selebritis, dan lain-lain. - Persepsi kualitas (Perceived quality), mencerminkan persepsi
pelanggan terhadap keseluruhan kualitas/keunggulan suatu produk atau
jasa layanan berkenaan dengan maksud yang diharapkan. - Loyalitas merek (Brand loyalty), mencerminkan tingkat keterikatan
konsumen dengan suatu merek produk. - Asset Perusahaan Lainnya (Other Proprietary Brand Asset), Hal-hal
lain yang tidak termasuk dalam katagori-katagori yang ada, akan tetapi
ikut berperan serta dalam membangun ekuitas merek
No comments:
Post a Comment