Friday, June 28, 2024

Keputusan Pembelian

 


Menurut Kotler (2012:154), “Keputusan pembelian adalah
keputusan pembeli tentang pilihan merk yang akan dibeli, tetapi ada dua
faktor yang bisa berada antara niat pembelian dan keputusan pembelian”.
Faktor pertama adalah sikap orang lain dan faktor kedua adalah faktor
situasional yang tidak diharapkan. Jika seseorang menginginkan produk
dan merasa tertarik untuk memiliki produk tersebut maka mereka berusaha
untuk membeli produk tersebut. Selain itu faktor rekomendasi dari pihak
lain juga sangat penting dalam mempengaruhi minat konsumen
pada proses pembelian. Minat beli yang terdapat pada diri seseorang untuk
melakukan suatu tindakan pembelian dipengaruhi oleh sikap maupun
variabel lainnya. Seperti misalnya minat dianggap sebagai penangkap atau
perantara faktor-faktor motivasional yang mempunyai dampak pada suatu
perilaku, menunjukkan seberapa kuat seseorang berani mencoba,
menunjukkan seberapa banyak upaya yang direncanakan seseorang untuk
dilakukan, dan minat juga merupakan yang paling dekat dan berhubungan
dengan perilaku selanjutnya, dalam hal ini yaitu terkait dengan pembelian
suatu barang. Kotler (2009:79), berpendapat bahwa pada perusahaan
yang berfokus pada pelanggan, dimana kepuasan konsumen atau
pelanggan merupakan sasaran dan faktor utama dalam sukses perusahaan.
Perusahaan jenis ini menyadari bahwa pelanggan yang merasa amat puas
dengan produk yang dihasilakan memberikan beberapa manfaat
bagi perusahaan. Mereka akan membeli produk tambahan ketika
perusahaan memeperkenalkan produk baru yang berkaitan atau produk
baru dengan perbaikan dari produk sebelumnya. Kotler menyatakan bahwa
pelanggan yang puas akan kinerja perusahaan memiliki ciri yaitu;
melakukan pembelian, membeli produk lain dari perusahaan, sering
menceritakan mengenai perusahaan dan cenderung kurang perhatian
terhadap iklan atau promosi perusahaan pesaing.
Keputusan pembelian merupakan suatu kegiatan yang dilakukan
oleh seorang konsumen dalam membeli suatu barang maupun jasa
dengan mempertimbangkan berbagai hal-hal tertentu. Keputusan
pembelian juga dapat mencerminkan bagaimana sebuah perusahaan
memasarkan dan mempromosikan barang atau produk ke para
konsumen.
Keputusan pembelian adalah membeli merek yang paling disukai,
tetapi dua faktor bisa berada antara niat pembelian dan keputusan
pembelian. Faktor pertama adalah orang lain, yaitu jika seseorang yang
mempunyai arti penting bagi anda berfikir bahwa anda seharusnya
membeli mobil murah, maka peluang anda untuk membeli mobil mahal
akan berkurang. Faktor kedua adalah faktor situasional yang tidak
diharapkan (Kotler, 2009:78). Dari berbagai faktor yang mempengaruhi
konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk atau jasa, biasanya
konsumen selalu mempertimbangkan kualitas, harga dan produk sudah
yang sudah dikenal oleh masyarakat Sebelum konsumen memutuskan
untuk membeli, biasanya konsumen melalui beberapa tahap terlebih
dahulu yaitu, (1) pengenalan masalah, (2) pencarian informasi. (3) evaluasi
alternatif, (4) keputusan membeli atau tidak, (5) perilaku pasca pembelian.

No comments:

Post a Comment