Saturday, June 29, 2024

Ekuitas Merek

 


Kotler dan Keller (2009:258) mendefinisikan ekuitas merek adalah
nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa. Ekuitas merek dapat
tercermin dalam cara konsumen berpikir, merasa, bertindak dalam
hubungannya dengan merek, dan juga harga, pangsa pasar dan profitabilitas
yang diberikan merek bagi perusahaan.Kesadaran Merek
Menurut Hasan Ali (2014:226) ekuitas merek adalah serangkaian
aset merek dan aktiva lain yang berhubungan dengan sebuah merek, yang
dapat meningkatkan nilai produk bagi pelanggan . Sementara menurut
Aaker (1997), ekuitas merek adalah seperangkat aset dan liabilitas merek
yang terkait dengan suatu merek, nama, symbol yang mempu menambah
atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk atau jasa baik
pada perusahaan dan pelanggan.
Menurut Aaker (1997:23), menyatakan bahwa ekuitas merek dapat
dikelompokkan dalam lima dimensi , yaitu;

  1. Kesadaran merek (brand awareness)
  2. Kualitas persepsian (perceived quality)
  3. Asosiasi merek (brand association),
  4. Loyalitas merek (Brand Loyalty)
  5. Aset-aset merek lain (Other Proprientary Brand Asset)

No comments:

Post a Comment