Friday, June 28, 2024

Ekuitas Merek

 


Menurut Kotler dan Keller (2021), ekuitas merek merupakan nilai
tambah yang diberikan kepada produk dan layanan dengan konsumen.
Hal ini dapat terlihat saat konsumen dalam hal berpikir, merasakan, dan
kemudian bertindak yang berhubungan dengan merek, market share,
dan profitabilitas yang dikuasainya. Menurut Chen dan Qasim (2020)
mengemukakan bahwa ekuitas merek merupakan elemen yang sangat
penting dalam pemasaran karena dapat memprediksi loyalitas
pelanggan dan kesuksesan merek. Selain itu ekuitas merek dapat
menjadi sebuah nilai penentu dalam hal jangka panjang sebuah
perusahaan (Dhewi., et al, 2021). Menurut Setyawati., et al (2023)
ekuitas merek terdapat 5 dimensi yaitu,

  1. Brand awareness
    Merupakan kemampuan merek untuk dapat dikenali dan diingat
    kembali oleh pelanggan dengan cara mengaitkan merek dengan
    layanan/produk tersebar di pasar.
  2. Perceived quality
    Kemampuan merek dalam mendeskripsikan maupun
    mendefinisikan gaya berpikir (respon holistik) pelanggan
    terhadap keunggulan, kualitas, dan keunikan dari produk yang
    dikeluarkan oleh merek.
  3. Brand associations
    Merek dapat bersamaan atau berdampingan dengan segala
    sesuatu yang berkaitan dengan memori pelanggan terhadap
    merek.
  4. Brand loyalty
    Kemampuan merek dalam membentuk sebuah komitmen (janji)
    kepada pelanggan agar pelanggan ingin berlangganan maupun
    membeli kembali layanan/produk secara terus menerus untuk
    kedepannya.
  5. Brand aset
    Aset merek berkaitan kepada simbol, logo, dan lambang merek
    yang ditampilkan kepada pelanggan secara visual. Dengan
    kesan yang positif pada simbol, logo, dan lambang merek
    mampu memberikan efek kepada pelanggan yaitu pelanggan
    mampu membedakan merek yang berbeda tanpa pelanggan
    mencari terlebih dahulu

No comments:

Post a Comment