Menurut Delgado dan Fernandez (2016) menyatakan bahwa
kepercayaan merek merupakan kepercayaan konsumen terhadap suatu
merek disebabkan oleh persepsi bahwa merek dapat diandalkan dan
bertanggung jawab atas kepentingan serta kesejahteraan konsumen
sehingga pelanggan merasa aman saat berinteraksi dengan merek.
Selain itu menurut Haudi., et al (2022) kepercayaan merek merupakan
suatu ikatan hubungan pelanggan dengan merek yang didasari oleh rasa
aman dan percaya bahwa merek tersebut dapat diandalkan serta
bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan maupun minat dari
pelanggan. Menurut Zarantonello dan Delassus (2015) menyatakan
bahwa kepercayaan merek memiliki 2 dimensi, yaitu:
- Reliability
Merupakan persepsi pelanggan bahwa merek yang
digunakan dapat memenuhi janji dan dapat memuaskan
kebutuhan serta keinginan pelanggan. - Intentions
Merupakan salah satu dimensi kepercayaan merek yang
menyangkut pada keyakinan pelanggan bahwa merek tersebut
dipandu/dibuat oleh niat positif (baik) terhadap kepentingan
pelanggan dalam situasi apapun
No comments:
Post a Comment