Friday, June 28, 2024

Kepercayaan Merek

 


Menurut Delgado dan Fernandez (2016) menyatakan bahwa
kepercayaan merek merupakan kepercayaan konsumen terhadap suatu
merek disebabkan oleh persepsi bahwa merek dapat diandalkan dan
bertanggung jawab atas kepentingan serta kesejahteraan konsumen
sehingga pelanggan merasa aman saat berinteraksi dengan merek.
Selain itu menurut Haudi., et al (2022) kepercayaan merek merupakan
suatu ikatan hubungan pelanggan dengan merek yang didasari oleh rasa
aman dan percaya bahwa merek tersebut dapat diandalkan serta
bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan maupun minat dari
pelanggan. Menurut Zarantonello dan Delassus (2015) menyatakan
bahwa kepercayaan merek memiliki 2 dimensi, yaitu:

  1. Reliability
    Merupakan persepsi pelanggan bahwa merek yang
    digunakan dapat memenuhi janji dan dapat memuaskan
    kebutuhan serta keinginan pelanggan.
  2. Intentions
    Merupakan salah satu dimensi kepercayaan merek yang
    menyangkut pada keyakinan pelanggan bahwa merek tersebut
    dipandu/dibuat oleh niat positif (baik) terhadap kepentingan
    pelanggan dalam situasi apapun

No comments:

Post a Comment