Thursday, June 20, 2024

Endorsement

 


Kegiatan media iklan yang sedang meningkat keberadaannya saat ini adalah
endorsement. Strategi ini banyak dilakukan oleh para pebisnis terutama kegiatan
dagang yang dilakukan secara daring atau online. Endorsement merupakan
perjanjian antara penjual dan artis atau selebgram (celebrity endorsement) yang
memiliki banyak pengikut dan penggemar di akun media sosial dan akan
berdampak terhadap penjualan penjual tersebut dalam rangka meningkatkan
kesadaran merek.
Endorsement menjadi kerjasama yang saling menguntungkan, dimana
penjual mendapat kesaksian iklan dan promosi dari celebrity endorsement
sedangkan celebrity endorsement sendiri mendapatkan bayaran tertentu.
“Dukungan selebriti terhadap suatu merek dapat membantu pembeli menempatkan
produk dalam pikiran mereka, yang merupakan langkah kunci dalam proses
pengambilan keputusan.” (Martey & Frempong, 2014; Martey & Frempong, 2014);
Martey & Frempong (Jain, 2011) Sistem endorsement sendiri terbagi menjadi dua
yakni gratis (free endorse) dan berbayar (paid endorse). Jika gratis penjual akan
memberikan produknya secara gratis tanpa mengeluarkan biaya tambahan untuk
celebrity endorsement. Pada sistem berbayar, penjual memberikan produknya
secara gratis ditambah dengan biaya yang sudah disepakati pada awal perjanjian
kerjasama

No comments:

Post a Comment