Thursday, June 20, 2024

Pemasaran

 


Dalam suatu bisnis, pemasaran menjadi penting karena dengan semakin
besar dan luas pemasaran, maka memungkinkan suatu bisnis akan tumbuh dan
berkembang. Pemasaran, berdasarkan American Marketing Association,
merupakan proses pengkomunikasian dan pemberian nilai pada konsumen melalui
proses yang memberikan keuntungan bagi bisnisnya (Ringold & Weitz, 2007).
"Pemasaran merupakan proses mengenali, menghasilkan, dan pemberian nilai, serta
menjaga koneksi yang memberikan kepuasan konsumen agar dapat
mengoptimalkan profitabilitas bisnis," kata Hasan (2013). Melalui pengertian diatas
dapat dipahami bahwa pemasaran adalah kegiatan atau aktivitas perusahaan untuk
mempromosikan produk dan jasa yang dimiliki sehingga dikenal masyarakat luas.
Kegiatan promosi dilaksanakan perusahaan agar dapat meyakinkan konsumen
untuk membelinya.
Perusahaan bisa menggunakan banyak jenis promosi agar dapat
menyebarluaskan informasi mengenai produknya terhadap konsumen, yakni
dikenal dengan bauran promosi. Perusahaan menggunakan metode promosi
tersebut agar dapat mempromosikan produknya serta menjalin hubungan dengan
konsumen untuk memenuhi tujuan penjualan. Kotler dan Keller (2016) menyatakan
jenis promosi yaitu sebagai berikut:

  1. Periklanan
    Iklan merupakan suatu bentuk presentasi yang tidak langsung dengan
    pemberian informasi mengenai keunggulan produk atau jasa dan dapat
    mempengaruhi pikiran seseorang untuk melakukan pembelian (Tjiptono, 2011).
    Pemasangan iklan dilakukan sejumlah orang dan sponsor yang telah ditentukan
    melalui komunikasi sosial media.
  2. Menjual ke perorangan
    Penjualan ke perorangan adalah jenis hubungan pribadi langsung dengan
    pelanggan potensial dengan tujuan mendapatkan pesanan.
  3. Promosi penjualan
    Promosi penjualan adalah proses persuasi secara langsung dan dapat
    mempengaruhi tingkat penjualan barang atau jasa kepada calon pembeli.
  4. Publisitas
    Publisitas adalah strategi untuk menumbuhkan hubungan masyarakat yang
    positif untuk menghindari publisitas negatif dan mempromosikan citra positif bagi
    perusahaan. Hal ini dilakukan dalam rangka mempromosikan dan melindungi nama
    baik perusahaan.
  5. Penjualan langsung (direct marketing)
    Penjualan langsung memerlukan komunikasi sekelompok konsumen yang
    menjadi target untuk mendapatkan reaksi dari konsumen melalui surat, telepon,
    faks, dan internet.

No comments:

Post a Comment