Kredibilitas endorser merupakan kemampuan seorang tokoh atau
publik figur yang dikenal oleh masyarakat yang digunakan sebagai
media untuk menyampaikan suatu pesan kepada konsumen yang
nantinya penyampaian pesan tersebut diharapkan dapat menimbulkan
niat membeli (Widyajayanti dan Kusuma, 2017). Endorser diberikan
kepercayaan oleh pihak perusahaan untuk menjadi pembawa pesan
persuasif untuk mempengaruhi konsumen agar dapat menggunakan
suatu produk (Wijaya, 2015).
Menurut Shimp (2014), terdapat dua atribut penting dari
kredibilitas endorser, yaitu :
a) Keahlian (Expertise) : pengetahuan, pengalaman, dan keahlian
yang ditunjukkan endorser sesuai dengan brand yang di endorse.
b) Dapat dipercaya (Trustworthiness) : tidak terdapat manipulasi dan
bersikap objektif terhadap presentasinya. Menurut Shimp (2014),
kredibilitas selebriti adalah alasan utama untuk pemilihan selebriti
yang akan di endorse. Seseorang yang dapat dipercaya dan
dianggap berpengetahuan luas mengenai kategori produk mampu
meyakinkan orang lain untuk melakukan tindakan tertentu
No comments:
Post a Comment