Sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Bimal, et. Al (2012) dalam
Suhardi & Irmayanti (2019) memaparkan Celebrity endorser memiliki indikator-
indikator yaitu VisCAP model (visibility, credibility, attraction, power).
- Visibility / Kesadaran
Selebriti yang mewakili sebuah produk adalah seseorang yang memiliki
kemampuan untuk diperlihatkan oleh orang banyak atau publik. Biasanya
selebriti yang dipilih adalah orang yang sedang terkenal dan memiliki
pengaruh yang luas dikalangan masyarakat, sehingga masyarakat dapat
tertarik terhadap merek yang diiklankan. - Credibility / Kredibilitas
Kredibilitas merupakan persepsi masyarakat. Terdapat dua faktor yang
membentuk kredibilitas seseorang, yaitu keahlian dan kepercayaan. - Keahlian
Keahlian menunjukkan seberapa luas pengetahuan atau kemempuan
yang dimiliki oleh endorser. - Kepercayaan
Kepercayaan menunjukkan seberapa jujur endorser dalam
membawakan sebuah iklan. - Attraction / Daya Tarik
Terdapat dua karakteristik dalam attraction, yaitu Likability (kepesonaan)
dan Similiarity (kesamaan). - Likability (kepesonaan) merupakan karakteristik dari sisi
penampilan fisik dan kepribadian, sehingga melalui daya Tarik dari
endorser dapat membawa dampak posited terhadap merek yang
diwakilinya. - Similiarity (kesamaan) merupakan kesamaan gambaran emosional
endorser dalam iklan, sehingga membantu khalayak tertarik pada
komunikator yaitu endorser. - Power / Kekuatan
Power merupakan bersarnya pengaruh yang dimiliki oleh endorser
terhadap masyarakat. Semakin besar pengaruhnya, semakin masyarakat
mempercayai produk yang dibawanya
No comments:
Post a Comment