Thursday, June 20, 2024

Indikator Celebrity Endorser

 


Sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Bimal, et. Al (2012) dalam
Suhardi & Irmayanti (2019) memaparkan Celebrity endorser memiliki indikator-
indikator yaitu VisCAP model (visibility, credibility, attraction, power).

  • Visibility / Kesadaran
    Selebriti yang mewakili sebuah produk adalah seseorang yang memiliki
    kemampuan untuk diperlihatkan oleh orang banyak atau publik. Biasanya
    selebriti yang dipilih adalah orang yang sedang terkenal dan memiliki
    pengaruh yang luas dikalangan masyarakat, sehingga masyarakat dapat
    tertarik terhadap merek yang diiklankan.
  • Credibility / Kredibilitas
    Kredibilitas merupakan persepsi masyarakat. Terdapat dua faktor yang
    membentuk kredibilitas seseorang, yaitu keahlian dan kepercayaan.
  • Keahlian
    Keahlian menunjukkan seberapa luas pengetahuan atau kemempuan
    yang dimiliki oleh endorser.
  • Kepercayaan
    Kepercayaan menunjukkan seberapa jujur endorser dalam
    membawakan sebuah iklan.
  • Attraction / Daya Tarik
    Terdapat dua karakteristik dalam attraction, yaitu Likability (kepesonaan)
    dan Similiarity (kesamaan).
  • Likability (kepesonaan) merupakan karakteristik dari sisi
    penampilan fisik dan kepribadian, sehingga melalui daya Tarik dari
    endorser dapat membawa dampak posited terhadap merek yang
    diwakilinya.
  • Similiarity (kesamaan) merupakan kesamaan gambaran emosional
    endorser dalam iklan, sehingga membantu khalayak tertarik pada
    komunikator yaitu endorser.
  • Power / Kekuatan
    Power merupakan bersarnya pengaruh yang dimiliki oleh endorser
    terhadap masyarakat. Semakin besar pengaruhnya, semakin masyarakat
    mempercayai produk yang dibawanya

No comments:

Post a Comment