Wednesday, June 19, 2024

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian

 


Menurut Tjiptono (2011: 235), faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian pelanggan terdiri dari 4, yaitu:

  1. Nilai emosional yaitu perasaan atau emosi positif yang ditimbulkan dari
    mengonsumsi produk. Jika konsumen mengalami perasaan positif pada saat
    membeli atau menggunakan suatu merek, maka merek tersebut memberikan
    nilai emosional.
  2. Nilai sosial yaitu kemampuan produk untuk meningkatkan konsep diri
    sosial konsumen mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap
    buruk oleh konsumen.
  3. Nilai kualitas yaitu manfaat dari produk karena reduksi biaya jangka pendek
    dan biaya jangka panjang.
  4. Nilai fungsional adalah nilai yang diperoleh dari atribut produk yang
    memberikan kegunaan (utility) fungsional kepada konsumen seperti fungsi
    yang diberikan oleh produk atau layanan kepada konsumen

No comments:

Post a Comment