Indikator untuk keputusan pembelian menurut Kotler dan Amstrong
(2008:181) sebagai berikut:
a. Kemantapan pada sebuah produk setelah mengetahui informasi produk
Konsumen memilih salah satu dari beberapa alternatif yang ada
sebelum melakukan pembelian. Pemilihan suatu produk didasarkan
pada kualitas produk, mutu produk, harga yang terjangkau dan faktor-
faktor lain yang dapat memantapkan konsumen untuk membeli produk
tersebut.
b. Memutuskan membeli karena produk yang paling disukai
Konsumen merasa bahwa produk tersebut sudah melekat
dibenak mereka karena sudah merasakaan manfaat dari produk tersebut.
Sehingga konsumen cenderung memilih produk yang sudah biasa
digunakan.
c. Membeli karena sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
Konsumen cenderung membeli suatu produk sesuai dengan
kebutuhan dalam aktivitas sehari-hari. Selain faktor kebutuhan,
keinginan konsumen akan suatu produk juga mempengaruhi faktor
keputusan pembelian karena perasaan ingin memiliki sesuatu.
d. Memberikan rekomendasi kepada orang lain
Jika konsumen merasa puas akan suatu produk, mereka akan
merekomendasikan produk kepada orang lain bahwa produk tersebut
lebih bagus dari produk lain.
Indikator keputusan pembelian menurut Rismalasari,dkk (2020)
sebagai berikut:
a. Tingkat keinginan untuk membeli suatu produk
b. Tingkat kecenderungan membeli suatu produk
c. Tingkat kecenderungan membeli produk dalam waktu dekat
No comments:
Post a Comment