Friday, June 28, 2024

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

 


Tindakan-tindakan konsumen dipengaruhi oleh beberapa hal, baik
yang bersifat eksternal maupun internal konsumne itu sendiri. Menurut
Kotler dan Keller (2016:179) terdapat tiga faktor yang dapat
mempengaruhi perilaku konsumen yaitu:

  1. Faktor budaya (Cultural factors)
    a. Budaya (Culture), adalah kumpulan nilai dasar, persepsi, keinginan
    dan perilaku yang dipelajari oleh anggota masyarakat dari keluarga
    dan institusi penting lainnya. Budaya merupakan penentu
    keinginan dan perilaku yang paling mendasar.
    b. Sub-budaya (Subculture), adalah kelompok masyarakat yang
    berbagi system nilai berdasarkan pengalaman hidup dan situasi
    yang umum. Sub-budaya terdiri dari kebangsaan, agama,
    kelompok, ras, dan daerah geografis. Banyak sub-budaya yang
    membentuk segmen pasar penting, dan pasar pemasar sering
    merancang produk dan program pemasar yang sesuai dengan
    kebutuhan mereka.
    c. Kelas sosial (Social classes), merupakan pembagian masyarakat
    yang relative homogen dan permanen, dan tersusun secara hirarki
    dan anggotanya menganut nilai-nilai minat dan perilaku yang
    sama.
  2. Faktor sosial (Social factors)
    a. Kelompok referensi (reference groups), adalah dua atau lebih
    orang yang berinteraksi untuk mencapai tujuan pribadi atau tujuan
    bersama. Sebuah kelompok mempunyai pengaruh langsung (tatap
    muka) atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku orang
    tersebut.
    b. Keluarga (Family), adalah organisasi pembelian konsumen yang
    paling penting dalam masyarakat dan anggota keluarga
    mempresentasikan kelompok referensi utama yang paling
    berpengaruh. Ada dua keluarga dalam kehidupan pembeli, yaitu :
    keluarga orientation (family of orientation) terdiri dari orang tua
    dan saudara kandung, keluarga prokreasi (family of procreation)
    yaitu pasangan dan anak-anak.
    c. Peran sosial dan status (roles and status), peran terdiri dari
    aktivitas yang diharapkan dilakukan seseorang yang ada
    disekitarnya. Setiap peran membawa status yang mencerminkan
    penghargaan yang diberikan oleh masyarakat. Seseorang
    berpartisipasi dalam banyak kelompok, keluarga, klub dan
    organisasi. Kelompok sering menjadi sumber informasi penting
    dalam membantu mendefinisikan norma perilaku. Kita dapat
    mendefinisikan posisi seseorang dalam tiap kelompok dimana ia
    menjadi anggota berdasarkan peran dan status yang dimilikinya.
  3. Faktor pribadi (personal factors)
    Faktor pribadi juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi meliputi usia
    dan tahap dalam siklus hidup pembeli (age and stage in life cycle),
    pekerjaan dan keadaan ekonomi (occupation and economic
    circumstances), kepribadian dan konsep diri (personality and self-
    concept), serta gaya hidup dan nilai (lifestyle and value)

No comments:

Post a Comment