Friday, June 28, 2024

Perilaku Konsumen

 


Perilaku konsumen merupakan aktifitas-aktifitas yang secara
langsung terlibat dalam memperoleh, menggunakan atau tidak
menggunakan produk dan jasa, dengan perhatian khusus pada proses
mental yang mendahului dan mengikuti tindakan-tindakan tersebut.
Perilaku konsumen berkaitan erat dengan proses pembelian, pada saat itu
konsumen melakukan aktifitas seperti melakukan pencarian, penelitian,
dan pengevaluasian produk. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang
mendasari konsumen dalam untuk membuat keputusan pembelian.
Menurut Kotler dan Amstrong (2014:158), perilaku konsumen
adalah “Consumer buyer behaviors of final consumers-individuals and
households that buy good and services for personal consumption”.
Sedangkan menurut Kotler dan Keller (2016:179) perilaku konsumen
didefinisikan sebagai berikut, “Consumer behaviors is the study of how
individuals, group, and organizations select, buy, use, and dispose of
goods, services, ideas, or experiences to satisfy their needs and wants.”
Berbeda halnya dengan pendapat American Marketing Association dalam
buku J. Paul Peter dan Jery C. Olson yang dialih bahasakan oleh Diah
Tantri Dwiandani (2013:6) yang mendefinisikan perilaku konsumen
sebagai berikut, “Perilaku konsumen sebagai dinamika interaksi antara
pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana manusia
melakukan pertukaran aspek-aspek kehidupan

No comments:

Post a Comment