Friday, June 28, 2024

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembentuk Citra Merek

 


Citra merek tidak muncul langsung begitu saja. Tentu ada hal-hal
yang dapat mempengaruhi pembentukan citra merek pada suatu produk.
Menurut Kotler dalam Halim dkk., (2014:2), faktor-faktor pendukung
terbentuknya citra merek dalam keterkaitannya dalam asosiasi merek,
yaitu:
a. Keunggulan asosiasi merek (Favorability of brand association)
Keunggulan asosiasi merek, yaitu asosiasi merek yang timbul
karena adanya kepercayaan konsumen bahwa atribut-atribut
dan manfaat-manfaat yang diberikan suatu merek dapat
memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka.
b. Kekuatan asosiasi merek (Strength of brand association)
Kekuatan asosiasi merek, yaitu asosiasi merek yang terbentuk
oleh informasi yang masuk ke dalam ingatan konsumen dan
bagaimana informasi tersebut dan bertahan sebagai bagian dari
citra merek.
c. Keunikan asosiasi merek (Uniqueness of brand association)
Keunikan asosiasi merek, yaitu asosiasi merek yang dapat
ditimbulkan dengan membuat perbandingan secara langsung
dengan produk atau jasa sejenis dari pesaing, sehingga produk
atau jasa tersebut mempunyai asosiasi yang unik dalam benak
konsumen.

No comments:

Post a Comment