Menurut Kotler dan Armstrong (2014) keputusan pembelian konsumen
dipengaruhi oleh empat faktor, diantaranya sebagai berikut:
- Faktor Budaya (Cultural)
Budaya, sub budaya, dan kelas sosial sangat penting bagi perilaku pembelian.
Budaya merupakan penentu keinginan dan perilaku paling dasar. Anak-anak
yang sedang tumbuh akan mendapatkan seperangkat nilai, persepsi, preferensi,
dan perilaku dari keluarga dan lembaga-lembaga penting lainnya. Masing-
masing sub budaya terdiri dari sejumlah sub budaya yang lebih menampakkan
identifikasi dan sosialisasi khusus bagi para anggotanya seperti kebangsaan,
agama, kelompok, ras, dan wilayah geografis. - Faktor Sosial (Social)
Selain faktor budaya, perilaku pembelian konsumen juga dipengaruhi oleh
faktor sosial diantaranya sebagai berikut :
a. Kelompok acuan
b. Keluarga
c. Peran dan status - Faktor Pribadi (Personal)
Keputusan pembelian juga dapat dipengaruhi oleh karakteristik pribadi
diantaranya usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya
hidup, serta kepribadian dan konsep-diri pembeli. - Faktor Psikologis (Psychological)
Terakhir, faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen
adalah faktor psikologis. Faktor ini dipengaruhi oleh empat faktor utama
diantaranya motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap.
No comments:
Post a Comment