Tuesday, June 25, 2024

Fungsi Loyalitas Merek Bagi Perusahaan

 


Dengan pengelolaan dan pemanfaatan yang benar, brand loyalty
juga dapat memberikan suatu keuntungan bagi perusahaan. Beberapa
potensi yang dapat diberikan oleh brand loyalty kepada perusahaan
menurut Hasan (2014:78) “antara lain, mengurangi biaya pemasaran,
dalam kaitannya dengan biaya pemasaran, akan lebih murah
mempertahankan pelanggan dibandingkan dengan upaya untuk
mendapatkan pelanggan baru. Jadi biaya pemasaran akan lebih
mengecil jika brand loyalty meningkat. Dengan brand loyalty juga
dapat meningkatkan perdagangan, loyalitas yang kuat terhadap suatu
merek akan menghasilkan peningkatan perdagangan dan memperkuat
keyakinan perantara pemasaran”. Dapat disimpulkan bahwa pembeli
ini dalam membeli suatu merek didasarkan atas kebiasaan mereka
selama ini. Selain itu, brand loyalty juga dapat menarik minat
pelanggan baru, dengan banyaknya pelanggan suatu merek yang
merasa puas pada merek tersebut akan menimbulkan perasaan yakin
bagi calon pelanggan untuk mengkonsumsi merek tersebut terutama
jika pembelian yang mereka lakukan mengandung resiko tinggi.
Yang terakhir, dengan brand loyalty dapat memberikan waktu
untuk merespon ancaman persaingan, brand loyalty akan memberi
waktu pada perusahaan untuk merespon gerakan pesaing. Jika salah
satu pesaing mengembangkan produk yang unggul, pelanggan yang
loyal akan memberikan waktu pada perusahaan tersebut untuk
memperbahurui produknya dengan menyesuaikannya

No comments:

Post a Comment