Tuesday, June 25, 2024

Tahapan Loyalitas Merek

 


Tahapan loyalitas konsumen menurut Kotler (2014:33) “terbagi
atas empat tahapan, yaitu fase kognitif, fase afektif dan fase konatif
dan fase action atau tindakan. Keempat tahapan diatas terjadi secara
berurutan satu dengan lainnya. Pada tahap pertama dari loyalitas
adalah fase kognitif, dimana informasi tentang produk, jasa dan merek
yang diterima oleh konsumen mengindikasikan bahwa produk, jasa
dan merek yang ditawarkan lebih diinginkan konsumen dibandingkan
dengan produk, jasa dan merek alternatif. Tahapan yang kedua adalah
fase afektif, dimana loyalitas diperoleh sebagai akumulasi dari
kepuasan atas penggunaan produk, jasa dan merek tertentu”.
Tahapan yang ketiga adalah fase konatif, dimana adalah tahapan
dalam membentuk loyalitas secara benar. Tahapan ini terjadi sebagai
akibat dari pengulangan secara positif atas pembelian produk, jasa dan
merek tertentu, sedangkan pada tahapan terakhir ialah tahap perilaku
atau action.

No comments:

Post a Comment