Friday, June 28, 2024

Harga

 


Satu-satunya elemen bauran pemasaran yang dapat menghasilkan
pendapatan adalah harga, sedangkan elemen lainnya dapat menghasilkan
biaya. Mungkin harga adalah elemen termudah dalam program pemasaran
untuk disesuaikan dalam fitur produk, saluran, dan bahkan komunikasi
membutuhkan lebih banyak waktu. Harga sifatnya fleksibel dimana setiap
saat dapat berubah dengan sendirinya. Harga juga mengkomunikasikan
positioning nilai yang dimaksudkan dari produk atau merek perusahaan
pasar. Produk yang dirancang dan dipasarkan dengan baik dapat dijual
dengan harga tinggi dan menghasilkan laba yang besar.
Menurut Buchari Alma (2014:169), harga adalah nilai suatu barang
yang dinyatakan dengan uang”. Menurut William J. Stanton
dialihbahasakan oleh Yohanes Lamarto (2012:112), harga dapat diartikan
sebagai jumlah satuan uang (satuan moneter) dan/atau aspek lain (non
moneter) yang mengandung utilitas/kegunaan tertentu yang diperlukan
untuk mendapatkan suatu produk. Lain halnya menurut Kotler dan
Amstrong (2015:312), menyatakan bahwa “price as the a mount of money
charged for a product or service, or the sum of values that customers
exchange for benefits of having or using the product service”.
Dari beberapa definisi tersebut disimpulkan bahwa harga adalah
unsur penting dalam sebuah perusahaan dimana dengan adanya harga
maka perusahaan akan mendapatkan income atau pendapatan bagi
keberlangsungan perusahaan. Selain itu, harga juga merupakan alat yang
nantinya dijadikan proses pertukaran terhadap suatu barang atau jasa oleh
pelanggan.

No comments:

Post a Comment