Friday, June 28, 2024

Penetapan Harga

 


Harga bukan hanya angka-angka di label harga produk. Harga
mempunyai banyak bentuk dan melaksanakan banyak fungsi. Harga juga
terdiri dari banyak komponen.
Pada umumnya para produsen di dalam menetapkan tingkat harga
dari setiap barang atau jasa yang dihasilkan memiliki sejumlah tuuan dan
sasaran yang akan dicapai dari setiap kebijakan yang diambil. Pemilihan
secara jelas antara tujuan penetapan harga dan sasaran penetapan harga
dalam setiap kebijakan harga, tentunya dengan tujuan utama untuk lebih
memudahkan manajemen untuk melakukan analisis dan evaluasi terhadap
setiap kebijakan yang diambil, sehingga berdasarkan hasil analisis dan
evaluasi yang dilakukan manajemen akan segera membuat/menetapkan
kebijakan baru guna memperbaiki kesalahan atau kekurangan dari
berbagai kebijakan harga yang telah ditetapkan sebelumnya. Untuk
bertahan dalam pasar yang persaingannya sangat kompetitif akhir-akhir
ini, perusahaan memerlukan sasaran penetapan harga yang khusus yang
dapat dicapai dan dapat diukur.
Tujuan penetapan harga yang realistis kemudian memerlukan
pengawasan secara periodik untuk menentukan efektivitas dari strategi
perusahaan yang bersangkutan.
Strategi penetapan harga menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan
dalam tiga situasi berikut ini :

  1. Ketika harga suatu produk baru yang sedang ditetapkan
  2. Ketika sedang melakukan mempertimbangkan perubahan
    jangka panjang bagi suatu produk yang sudah mapan, dan
  3. Ketika sedang mempertimbangkan perubahan harga jangka
    pendek

No comments:

Post a Comment