Wednesday, June 26, 2024

Hubungan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian

 


Sangadji dan Sopiah (2013:324) menjelaskan bahwa asosiasi
merupakan atribut yang sudah ada di dalam merek dan akan lebih besar
apabila pelanggan mempunyai banyak pengalaman berhubungan dengan
merek tersebut. “Asosiasi merek mencerminkan ikatan dari konsumen
antara merek dan kunci atribut produk, seperti logo, slogan, atau
kepribadian yang terkenal” (Grewal and Levy, 2008:280). Dapat ditarik
kesimpulan bahwa brand associations adalah ikatan antara konsumen
terhadap atribut produk yang terkait dengan ingatannya mengenai suatu
merek.
Asosiasi merek yang berhubungan satu sama lain dapat
menimbulkan rangsangan yang disebut merek. Jika asosiasi yang saling
berhubungan semakin banyak, maka yang terjadi adalah semakin kuat pula
citra mereknya. Asosiasi merek akan memberikan alasan khusus bagi
konsumen untuk menggunakan dan membeli merek itu. Asosiasi merek
menciptakan kualitas merek di benak konsumen. Akibat dari pada itu
adalah akan menumbuhkan rasa percaya diri konsumen. Hal ini
menunjukkan bahwa Asosiasi merek mempengaruhi keputusan pembelian.
Pernyataan tersebut sesuai dengan hasil penelitian Humdiana (2005) yang
menyimpulkan bahwa Asosiasi merek berpengaruh secara parsial dan
simultan terhadap keputusan pembelian

No comments:

Post a Comment