Menurut Lau dan Lee dalam Bambang and Heriyanto, (2017) ada tiga faktor
yang menjadikan sebagai indikator dalam kepercayaan merek atau brand trust
yang meliputi sebagai berikut:
A. Karakteristik Merek (Brand Characteristic).
Karakteristik atau ciri merek memiliki kedudukan yang berarti dalam
memastikan pengambilan keputusan agar dapat mempercayai sesuatu
merek, perihal ini diakibatkan konsumen melaksanakan evaluasi saat
sebelum membelinya. Indikator yang berkaitan dengan brand trust
imeliputi sebagai berikut:
- Brand Repution. Persepsi konsumen bahwa suatu merek memiliki
reputasi yang bagus sangatlah berkaitan dengan kepercayaan
konsumen terhadap merek tersebut. - Brand Predictability. Prediktabilitas ini dapat terkait dengan tingkat
kekonsistenan kualitas produk. Prediksi atau persepsi konsumen adalah
bahwa suatu merek dapat diprediksikan erat kaitannya dengan
kepercayaan konsumen terhadap suatu merek tersebut. - Brand Competence. Brand competence merupakan merek yang
mempunyai kemampuan untuk memecahkan permasalahan yang
dihadapi oleh konsumen dan memenuhi segala keperluannya.
Kemampuan merupakan elemen penting yang mempengaruhi
kepercayaan. Konsumen mungkin mengetahui brand competence
melalui penggunaan secara langsung atau komunikasi dari mulut ke
mulut
No comments:
Post a Comment