Menurut Kotler dan Armstrong (2012:278) ada empat indikator yang
mencirikan harga yaitu:
- Kesesuaian harga dengan kualitas produk
Harga yang diberikan oleh perusahan terhadap produknya sesuai
dengan kualitas produk yang mereka hasilkan, misalnya jika
harganya tinggi maka kualitas produk yang diberikan pun memiliki
kualitas yang tinggi sehingga konsumen pun merasa tidak keberatan
jika membeli produk tersebut. - Keterjangkauan harga
Harga yang diberikan oleh perusahaan terhadap produk mereka
dapat dijangkau oleh para konsumennya. Harga yang sesuai dan
terjangkau tentunya akan menjadi pertimbangan konsumen untuk
membeli produk mereka. - Daya saing harga
Dalam pasar, perusahaan sebaiknya juga memperhatikan bahwa
harga yang diberikan memiiki daya saing yang tinggi terhadap para
kompetitornya. Jika harga yang diberikan terlampau tinggi di atas
harga para kompetitor maka produk tersebut tidak memiliki daya
saing yang baik. - Kesesuaian harga dengan manfaat
Manfaat produk yang dimiliki harus sesuai dengan harga yang
diberikan oleh perusahaan terhadap produk mereka. Ada baiknya
jika harga yang tinggi memiliki manfaat produk yang tinggi pula.
No comments:
Post a Comment