Indikator yang digunakan untuk mengukur harga adalah pengertian
yang dijelaskan menurut Kotler dan Armstrong terjemahan Bob Sabran
(2012:52), dijelaskan bahwa ada empat ukuran yang mencirikan harga
yaitu keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk,
kesesuaian harga dengan manfaat, dan harga sesuai dengan kemampuan
atau daya saing harga. Empat ukuran harga yaitu sebagai berikut :
- Keterjangkauan harga.
Konsumen bias menjangkau harga yang telah ditetapkan oleh
perusahaan. Produk biasanya ada beberapa jenis dalam satu merek
harganya juga berbeda dari yang termurah sampai termahal.
Dengan harga yang ditetapkan para konsumen banyak yang
membeli produk. - Kesesuaian harga dengan kualitas produk.
Harga sering dijadikan sebagai indicator kualitas bagi konsumen.
Orang sering memilih harga yang lebih tinggi di antara dua barang
karena mereka melihat adanya perbedaan kualitas. Apabila harga
lebih tinggi orang cenderung beranggapan bahwa kualitasnya juga
lebih baik. - Harga sesuai kemampuan atau daya saing harga.
Konsumen sering membandingkan harga suatu produk dengan
produk lainnya, dalam hal ini mahal murahnya suatu produk sangat
dipertimbangkan oleh konsumen pada saat akan membeli produk
tersebut. - Kesesuaian harga dengan manfaat.
Konsumen memutuskan membeli suatu produk jika manfaat yang
dirasakan lebih besar atau sama dengan yang telah dikeluarkan
untuk mendapatkannya. Jika konsumen merasakan manfaat produk
lebih kecil dari uang yang dikeluarkan maka konsumen akan
berpikir dua kali untuk melakukan pembelian ulang
No comments:
Post a Comment