Friday, June 28, 2024

Indikator-indikator Harga

 


Indikator yang digunakan untuk mengukur harga adalah pengertian
yang dijelaskan menurut Kotler dan Armstrong terjemahan Bob Sabran
(2012:52), dijelaskan bahwa ada empat ukuran yang mencirikan harga
yaitu keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk,
kesesuaian harga dengan manfaat, dan harga sesuai dengan kemampuan
atau daya saing harga. Empat ukuran harga yaitu sebagai berikut :

  1. Keterjangkauan harga.
    Konsumen bias menjangkau harga yang telah ditetapkan oleh
    perusahaan. Produk biasanya ada beberapa jenis dalam satu merek
    harganya juga berbeda dari yang termurah sampai termahal.
    Dengan harga yang ditetapkan para konsumen banyak yang
    membeli produk.
  2. Kesesuaian harga dengan kualitas produk.
    Harga sering dijadikan sebagai indicator kualitas bagi konsumen.
    Orang sering memilih harga yang lebih tinggi di antara dua barang
    karena mereka melihat adanya perbedaan kualitas. Apabila harga
    lebih tinggi orang cenderung beranggapan bahwa kualitasnya juga
    lebih baik.
  3. Harga sesuai kemampuan atau daya saing harga.
    Konsumen sering membandingkan harga suatu produk dengan
    produk lainnya, dalam hal ini mahal murahnya suatu produk sangat
    dipertimbangkan oleh konsumen pada saat akan membeli produk
    tersebut.
  4. Kesesuaian harga dengan manfaat.
    Konsumen memutuskan membeli suatu produk jika manfaat yang
    dirasakan lebih besar atau sama dengan yang telah dikeluarkan
    untuk mendapatkannya. Jika konsumen merasakan manfaat produk
    lebih kecil dari uang yang dikeluarkan maka konsumen akan
    berpikir dua kali untuk melakukan pembelian ulang

No comments:

Post a Comment