Thursday, June 20, 2024

Indikator Kredibilitas Endorser

 


Kredibilitas Endorser (Shimp, 2014:260) terdiri dari tiga komponen
Trustworthiness (kepercayaan), Expertise (keahlian), Attractiveness (daya Tarik),
Respect (kualitas dihargai), Similarity (kesamaan) yaitu :
a. Trustworthiness (kepercayaan)
dikenal sebagai pribadi yang terpercaya dalam memberikan informasi-
informasi. Kepercayaan sebagai konsisten memberikan apa yang telah dijanjikan.
Para peneliti menemukan bahwa kepercayaan endorser iklan adalah salah satu
faktor penting untuk mendapatkan minat pembelian konsumen, semakin tinggi
kepercayaan adalah, maka semakin positif sikap terhadap merek. Endorser yang
dipercaya dalam menyampaikan pesan menghasilkan perubahan sikap yang efektif.
b. Expertise (keahlian)
Dapat didefinisikan sebagai kemampuan endorser iklan untuk membujuk
konsumen agar membeli produk. Efektivitas endorser dipengaruhi oleh persepsi
konsumen terhadap keahlian endorser. Celebrity endorser dianggap memiliki
keahlian dibandingkan dengan orang dari calon konsumen umum. Oleh karena itu,
pengiklan harus mampu memprediksi keahlian endorser.
c. Attractiveness (daya Tarik)
Mengacu pada sejumlah karakteristik fisik yang dapat dilihat orang dalam diri
endorser tersebut Daya tarik mengacu pada diri yang dianggap sebagai sesuatu
yang menarik untuk dilihat dalam kaitannya dengan konsep daya tarik.
d. Respect (kualitas dihargai)
mengacu pada seorang endorser yang dikagumi dan dihormati oleh konsumen
karena kualitas pribadi dan prestasinya.
e. Similarity (kesamaan)
mengacu pada kesamaan antar endorser dan konsumen dalam hal umur,
gender, etnis, status sosial dan sebagainya. 

No comments:

Post a Comment