Tuesday, June 18, 2024

Indikator Pendukung Selebriti (Celebrity Endorser)

 


Shimp (2014:167) mengatakan bahwa lima indikator celebrity endorser
untuk memfasilitasi efektivitas komunikasi dijelaskan dengan akronim TEARS.
TEARStersebut terdiri dari Trustworthiness (dapat dipercaya) dan Expertise
(keahlian) yang merupakan dua dimensi dari credibility, physical attractiveness,
respect (kualitas dihargai) dan similarity (kesamaan dengan audience yang dituju)
merupakan komponen dari konsep umum attractiveness (daya tarik fisik).
Menurut Shimp (2014:168) TEARS dijelaskan sebagai berikut:

  1. Trustworthiness (dapat dipercaya)
    Trustworthiness mengacu pada kejujuran, integritas dan kepercayaan diri dari
    seorang sumber pesan. Artinya kemampuan celebrity endorser dalam
    menyampaikan pesan dari suatu produk bergantung pada kepercayaan diri,
    integritas dan persepsi penerima pesan atas motivasi atau dorongan dari
    dalam diri celebrity endoser tersebut untuk tampil secara objektif.
  2. Expertise (keahlian)
    Expertise (keahlian) mengacu pada pengetahuan, pengalaman atau keahlian
    yang dimiliki endorser yang dihubungkan dengan merek yang didukung.
    Seorang endorser dapat lebih diterima jika menguasai atau ahli mengenai
    produk yang akan didukungnya sehingga endorser tersebut akan lebih
    persuasif menyampaikan pesan.
  3. Attractiveness (daya tarik fisik)
    Attractiveness mengacu pada diri yang dianggap sebagai hal yang menarik
    untuk dilihat dalam kaitannya dengan konsep kelompok tertentu dengan daya
    tarik fisik. Daya tarik fisik merupakan hal pertama yang ditangkap oleh
    audience ketika endorser melakukan tugasnya. Kemudian audience akan
    mengidentifikasi untuk menentukan perilaku atau keputusan pemilihan produk.
  4. Respect (kualitas dihargai)
    Respect adalah kualitas yang dihargai atau digemari sebagai akibat dari kualitas
    pencapaian personal. Endorser dipilih karena mampu mewakili dari suatu
    produk yang didukungnya. Sehingga akan cenderung mempengaruhi minat
    konsumen terhadap suatu produk.
  5. Similarity (kesamaan audience yang dituju)
    Similarity mengacu pada kesamaan antar endorser dan audience dalam hal
    umur, jenis kelamin, etnis, status sosial dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment