Tuesday, June 18, 2024

Karakteristik Konsumen Merek (Consumer-Brand Characteristic)

 


Hubungan bukanlah arah, masing-masing kelompok saling
mempengaruhi dibandingkan dengan kelompok lain. Untuk karakteristik
merek pelanggan untuk mempengaruhi kepercayaan pelanggan pada
merek. Karakteristik hubungan pelanggan dengan merek mencakup
kesamaan antara pelanggan konsep diri dengan citra merek, favorit
pelanggan hingga merek, pengalaman pelanggan, kepuasan pelanggan dan
dukungan dari kolega. Karakteristik konsumen Merek adalah sebagai
berikut:

  1. Similarity between consumer’s self-concept and brand personality
    (kemipiripan antara konsep diri konsumen dengan kepribadian merek).
    Karakter merek merupakan asosiasi yang terpaut dengan merek yang
    diingat oleh konsumen dalam menerimanya. Kesamaan antara konsep
    diri konsumen dengan karakter merek sangat berkaitan dengan
    keyakinan konsumen terhadap merek tersebut.
  2. Brand liking. Agar mendapatkan hubungan antara konsumen dengan
    sebuah merek, konsumen perlu menyukai suatu jenis merek yang mana
    menurut konsumen merek tersebut menarik dan sesuai. Karena jika
    konsumen sudah menyukai suatu jenis merek, maka dapat
    memungkinkan merek tersebut dapat dipercayai oleh konsumen.
  3. Brand experience. Pengalaman merek yaitu suatu waktu masa lalu
    yang dialami konsumen terhadap suatu jenis merek, lebih tepatnya
    pada pemakaiannya. Suatu merek memiliki ikatan yang kuat dengan
    konsumen dalam mempercayai suatu merek.
  4. Brand satisfaction. Brand satisfaction ialah hasil penilaian subjektif
    terhadap apa yang sudah dicapai oleh suatu merek yang terpilih dalam
    rangka penuhi apa yang diharapkan konsumen. Fenomena ini cocok
    dengan paradigma diskonfirmasi kepuasan konsumen, dimana
    perbandingan antara harapan konsumen dengan hasil yang dialami
    sangat menandai definisi konsumen.
  5. Peer support. Salah satu determinan sikap orang yang dimana
    merupakan pengaruh yang dibawa oleh orang lain. Buat melaporkan
    secara tidak langsung kalau pengaruh sosial ialah determinan berarti
    dalam pembuatan sikap orang

No comments:

Post a Comment