Friday, June 28, 2024

Kesadaran Merek


Dari empat dimensi utama ekuitas merek yang diungkapkan Aaker
(1991), dimensi pertama ekuitas merek adalah kesadaran merek. Menurut Aaker
(1991) Kesadaran Merek adalah kesanggupan seorang calon pembeli untuk
mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari
kategori merek tertentu. Produk dengan kesadaran merek yang tinggi akan
memiliki penilaian kualitas yang lebih baik dan pangsa pasar yang lebih tinggi
Khan (2014). Chi, (2009) mengatakan bahwa kesadaran merek dapat dibedakan
dari kedalaman dan lebar. Mendalam berarti bagaimana membuat konsumen
untuk mengingat atau mengidentifikasi merek dengan mudah, dan lebar berartu
menyimpulkan ketika konsumen membeli produk, sebuah nama merek akan
datang ke pikiran mereka sekaligus. Jika sebuah produk memiliki kedalaman
merek dan lebar merek pada saat yang sama, konsumen akan memikirkan merek
tertentu ketika mereka ingin membeli sebuah produk. Artinya, produk tersebut
memiliki kesadaran merek yang tinggi.
Menurut Davis, Golicic dan Marquardt (2008) nama merek adalah
unsur yang paling penting dalam kesadaran merek. Kesadaran merek
memungkinkan konsumen untuk mengenali merek dari kategori produk yang
berbeda dan membantu konsumen dalam membuat keputusan untuk membeli
Khan (2014). Beberapa peneliti berpendapat bahwa kesadaran merek memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap minat beli (Macdonald & Sharp, 2000). Lebih
lanjut dalam penelitiannya, Khan (2014) mengatakan bahwa beberapa peneliti
mengungkapkan kesadaran merek memiliki pengaruh signifikan terhadap minat
beli. Chi (2009) memberikan kesimpulan dari penelitiannya bahwa semakin tinggi
kesadaran merek maka semakin tinggi pula minat beli konsumen. Agusli dan
Kunto (2013) dalam penelitian yang dilakukan olehnya menemukan bahwa
terdapat pengaruh signifikan kesadaran merek terhadap buying intention. Sama
halnya dengan penelitian yang dilakukan Jalilvand (2011) juga menemukan hasil
yang sama, yaitu terdapat pengaruh signifikan kesadaran merek terhadap minat
beli.   

No comments:

Post a Comment