Friday, June 28, 2024

Loyalitas Merek

 Dimensi terakhir dalam empat dimensi ekuitas merek yang

berpengaruh terhadap minat beli adalah loyalitas terhadap merek. Loyalitas merek
adalah ukuran kesetiaan seorang konsumen pada suatu merek. Aaker (1991)
mendefinisikan loyalitas merek sebagai suatu ukuran keterkaitan seorang
pelanggan dengan sebuah merek. Definisi berbeda diungkapkan oleh Wicaksono
(2013), yang mengartikan loyalitas merek sebagai sikap positif seorang konsumen
terhadap suatu merek, dan konsumen memiliki suatu keinginan yang kuat untuk
membeli merek yang sama saat ini maupun di masa mendatang. Menurut Khan
(2014) loyalitas merek adalah sikap konsumen terhadap preferensi merek suatu
produk. Konsumen yang loyal terhadap suatu merek cenderung tidak
mengevaluasi merek, mereka hanya melakukan pembelian secara langsung
dengan percaya diri. Ukpebor dan Ipogah (2008) mendefinisikan loyalitas merek
adalah kecenderungan untuk setia kepada merek dan ini dapat ditunjukkan dengan
niat konsumen untuk membeli merek sebagai pilihan utama. Oliver (1999)
mengatakan konsumen potensial akan melakukan pembelian ulang dan
kemungkinan besar mereka tidak akan beralih ke merek lain.

No comments:

Post a Comment