Friday, June 28, 2024

Minat Beli Konsumen

 


Pembahasan selanjutnya adalah terhadap variabel independen dalam
penelitian ini yaitu Minat beli atau minat beli. Minat beli adalah kemungkinan
bahwa pelanggan akan membeli produk tertentu (Wang dan Tsai, 2014). Doods et.
al. (1991) mengemukakan bahwa minat beli didefinisikan sebagai kemungkinan
seorang konsumen untuk berminat membeli suatu produk tertentu yang dilihatnya.
Lebih lanjut Doods et al. (1991) mengatakan jika seseorang menginginkan produk
dan merasa tertarik untuk memiliki produk tersebut maka mereka berusaha untuk
membeli produk tersebut, selain itu faktor yang lainnya adalah rekomendasi dari
pihak lain sangatlah penting karena dapat mempengaruhi seseorang untuk
terjadinya proses pembelian.
Minat membeli merupakan dorongan konsumen untuk melakukan
pembelian atau dorongan yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan
pembelian ulang. Khan (2014) mengatakan minat beli berarti konsumen memiliki
preferensi pribadi menuju produk tertentu, dan telah terbukti menjadi faktor yang
signifikan untuk memprediksi perilaku konsumen. Lebih lanjut Khan (2014)
menjelaskan lagi bahwa niat beli dapat mengukur kemungkinan konsumen untuk
membeli suatu produk, dan semakin tinggi niat beli maka semakin tinggi
kesediaan konsumen untuk membeli produk. Spears dan Singh (2004)
mendefinisikan minat beli sebagai rencana sadar individu untuk melakukan upaya
untuk membeli merek.

No comments:

Post a Comment